Kamis 22 Sep 2022 08:45 WIB

Wakaf Berpotensi Dorong Pembangunan Berkelanjutan

Saat ini baru 66 persen dari total tanah wakaf yang berpotensi dimanfaatkan.

Ilustrasi Wakaf
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Wakaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Lead Co-Chair T20 Indonesia Bambang Brodjonegoro mengatakan wakaf berpotensi mendorong pembangunan berkelanjutan melalui pemanfaatan 4,4 juta meter persegi tanah wakaf yang tersebar di lebih dari 400 ribu lokasi di Indonesia.

"Lahan wakaf bisa dimanfaatkan sebagai alternatif sumber dana untuk pembangunan berkelanjutan, terutama untuk kesejahteraan masyarakat dan pengurangan kemiskinan, karena tujuan pembangunan berkelanjutan nomor satu dan sepuluh ini sesuai dengan nilai pemanfaatan wakaf dalam Islam," katanya dalam webinar T20 Task Force 9 bertajuk ?Rethinking The Role of Islamic Social Finance in Achieving SDGs?, Rabu (20/9/2022).

Baca Juga

Menurut dia, saat ini baru 66 persen dari total tanah wakaf yang berpotensi dimanfaatkan di Indonesia telah disertifikasi, sehingga pemerintah perlu mempercepat proses sertifikasi sisanya.

Selama ini, lanjut dia, sebagian besar lahan wakaf digunakan untuk tujuan keagamaan seperti pembangunan rumah ibadah, pembangunan tempat pendidikan, pesantren, dan makam. Sedangkan fungsinya yang lain, seperti untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, belum dioptimalkan.

Padahal, menurut Bambang, keuangan Islam sudah memiliki beberapa alat yang signifikan untuk mempromosikan pendanaan bagi aktivitas sosial yang sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Sehingga masih banyak potensi pengembangan wakaf untuk menutup jarak pembiayaan pembangunan berkelanjutan yang sejalan dengan nilai islam," imbuhnya.

Di samping itu, pemerintah Indonesia juga bisa memanfaatkan obligasi sukuk untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan terutama sasaranyang berkaitan dengan pelestarian lingkungan yang saat ini masih belum memuaskan.

"Sukuk pemerintah menjadi salah satu potensi untuk menutup jarak pembiayaan pembangunan berkelanjutan," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement