Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Balas Dendam, Skotlandia Tekuk Ukraina 3-0

Kamis 22 Sep 2022 08:08 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

 Pelatih Skotlandia Steve Clarke.

Pelatih Skotlandia Steve Clarke.

Foto: AP/Scott Heppell
Skotlandia menduduki puncak klasemen Grup B1.

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Timnas Skotlandia berhasil balas dendam atas kekalahan dari Ukraina pada babak play-off Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan lawan yang sama 3-0 di Liga Bangsa-Bangsa, di Stadion Hampden Park, Glasgow, Kamis (22/9/2022) dini hari WIB. Hasil tersebut cukup bagi Skotlandia menduduki puncak klasemen Grup B1 dengan nilai sembilan atau unggul dua poin dari tim peringkat kedua, Ukraina.

Dikutip dari BBC, John McGinn mencetak gol pertama kemenangan Skotlandia pada menit ke-70. Tuan rumah yang mendominasi permainan kesulitan menembus gawang Ukraina sejak babak pertama sehingga baru bisa menjebol gawang lawan di babak kedua. Skotlandia gagal memanfaatkan serangkaian serangan yang diciptakan menjadi gol.

Dua gol tambahan dicetak oleh pemain pengganti Lyndon Dykes melalui sundulan kepala. Dengan dua laga tersisa yakni melawan Republik Irlandia dan Ukraina maka kemenangan tersebut sangat penting untuk keberlanjutan Skotlandia di Liga Bangsa-Bangsa.

Pelatih Skotlandia Steve Clarke menjadikan kekalahan dari Ukraina pada babak playoff sebagai bahan evaluasi. Selain itu ia juga mendorong para pemainnya mendapatkan kembali momentum di Hampden, tempat di mana tim itu sekarang hanya kalah sekali dalam 15 pertandingan terakhir.

Ukraina sejatinya mengambil langkah agresif di awal babak pertama dan menciptakan peluang. Tetapi 10 menit berjalan, Skotlandia perlahan mendominasi permainan. Che Adams, Anatoliy Trubin, dan Stuart Amstrong memaksa kiper Ukraina harus melakukan penyelamatan gemilang.

Ryan Christie dan McGinn juga gagal mencapai target lewat sundulannya. Cedera Nathan Patterson sempat membuat Skotlandia panik. Sebelum babak pertama berakhir Skotlandia memiliki peluang mencetak gol jika bek Ukraina Valeriy Bondar tak melanggar Adams. Keputusan wasit yang hanya memberikan kartu kuning membuat Skotlandia kecewa.

Setelah turun minum, Ukraina masih di bawah tekanan Skotlandia. Sejumlah peluang Skotlandia akhirnya berbuah gol lewat McGinn dengan tembakannya dan sundulan Dykes.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA