Kamis 22 Sep 2022 06:27 WIB

Siswa SMP Prestasi Global Ikuti Assesmen Nasional Berbasis Komputer  

ANBK diikuti siswa angkatan pertama SMP Prestasi Global.

Siswa SMP Prestasi Global Depok  melaksanakan  Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)   pada 21-22 September 2022.
Foto: Dok Sekolah Prestasi Global
Siswa SMP Prestasi Global Depok melaksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada 21-22 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sekolah SMP Prestasi Global  Depok melaksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada 21-22 September 2022. Kegiatan itu diikuti oleh siswa kelas 8 sekolah yang berlokasi di Jalkan  Palem I nomor 1 Mampang Indah Dua,  Rangkapan Jaya,  Pancoran Mas Kota Depok. Siswa kelas 8 tersebut merupakan siswa tahun kedua angkatan pertama SMP Prestasi Global.

“ANBK  bertujuan sebagai sarana uji kompetensi sebelum nanti di kelas 9 akan diujikan ujian sekolah yang menentukan kelulusan siswa,” kata Direktur Sekolah Prestasi Global  Ahmad Faisal dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (21/9/2022).

Kegiatan ANBK diadakan secara langsung di sekolah. “ANBK dapat dipakai sebagai evaluasi mutu sistem belajar. Hal ini akan dapat melihat lebih jauh tentang kualitas belajar serta proses belajar di sekolah,” ujarnya.

Ia menambahkan, SMP Prestasi Global melaksanakan ANBK ini adalah kali pertama. “Sehingga,  siswa-siswi dan guru sangat senang dalam mempersiapkannya,” kata Faisal.

Faisal menjelaskan, ANBK berpokus pada tindakan evaluasi mulai dari literasi, numerasi dan karakter serta kualitas KBM (Kegiatan Belajar-Mengajar)  yang menunjang pembelajaran yang baik dan bermutu. Proses ANBK ini terdiri dari tiga instrumen asesmen yakni Asesmen Kompetensi minimum (AKM) yang terdiri dari literasi membaca, literasi numerik (Matematika) dan literasi karakter siswa.

Faisal juga mengemukakan, ANBK ini tidak diikuti oleh semua siswa kelas 8,  namun dipilih acak oleh pemerintah.  Selain siswa,  ANBK ini diikuti oleh guru dan kepala sekolah disetiap satuan pendidikan mulai jenjang SD, SMP dan SMA untuk siswa kelas yang melaksanakan mulai dari kelas 5, 8 dan 11.

“Semoga kegiatan ANBK  pertama yang dilaksanakan oleh siswa SMP Prestasi Global  dilancarkan dan mendapat hasil yang baik.  Juga terus dibenahi kekurangan yang ada,  agar ke  depan lebih baik lagi persiapan dan juga pelaksanaannya,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement