Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Diabetes Tipe 2 Bisa Memperpendek Hidup Wanita Rata-Rata Lima Tahun, Menurut Studi

Rabu 21 Sep 2022 22:38 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Diabetes tipe 2 bisa memperpendek hidup wanita rata-rata lima tahun. (Ilustrasi)

Diabetes tipe 2 bisa memperpendek hidup wanita rata-rata lima tahun. (Ilustrasi)

Foto: Huffingtonpost
Diabetes tipe 2 terbukti memiliki efek yang lebih besar pada harapan hidup seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes memengaruhi wanita secara berbeda jika dibandingkan dari pria. Sebuah penelitian menunjukkan diabetes tipe 2 bisa memperpendek hidup wanita rata-rata lima tahun.

“Seorang wanita dengan diabetes tipe 2, misalnya, mungkin hidup lima tahun lebih sedikit dibandingkan rata-rata wanita dalam populasi umum, sementara seseorang yang didiagnosis pada usia yang lebih muda mungkin kehilangan harapan hidup delapan tahun," ujarnya seperti dilansir laman Independent, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga

Angka ini enam bulan lebih lama dibandingkan pria, bahkan akan menjadi tiga kali lipat atau 15 tahun untuk perokok. Temuan di Diabetologia menyatakan seorang wanita dengan diabetes tipe 2 memiliki kemungkinan kematian dini 60 persen lebih besar dibandingkan rata-rata orang awam.

"Pemodelan kami menunjukkan diabetes tipe 2 memiliki efek yang lebih besar pada harapan hidup wanita, perokok, dan mereka yang didiagnosis pada usia yang lebih muda," ujar penulis utama penelitian, dr Adrian Heald dari Salford Royal Hospital, seperti dilansir laman Express, Rabu (21/9/2022).

Temuan yang dipresentasikan di Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Stockholm, Swedia, didasarkan pada kohort dari hampir 12 ribu pasien di Rumah Sakit Kerajaan Salford di Salford. Para peneliti menghitung harapan hidup 11.806 pasien diabetes tipe 2 di Rumah Sakit Kerajaan Salford selama periode 10 tahun (2010-2020) dan membandingkannya dengan angka harapan hidup untuk populasi umum pada usia dan jenis kelamin yang sama.

Tim juga memperhitungkan gaya hidup dan faktor demografi yang dapat memengaruhi harapan hidup individu dengan diabetes tipe 2. Para ilmuwan menemukan bahwa risiko kematian dini adalah 84 persen lebih tinggi pada penderita diabetes dibandingkan pada populasi umum.

Hasil menunjukkan, seorang wanita dengan diabetes tipe 2 adalah 60 persen lebih mungkin untuk meninggal lebih awal dibandingkan seseorang di populasi umum. Sementara itu, seorang pria dengan penyakit itu 44 persen lebih mungkin untuk meninggal sebelum waktunya.

Diabetes tipe 2 terbukti memiliki efek yang lebih besar pada harapan hidup orang yang didiagnosis pada usia yang lebih muda. Mereka yang berusia di bawah 65 tahun menunjukkan risiko kematian dini 93 persen lebih tinggi kehilangan harapan hidup delapan tahun. Pemodelan ini juga menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 yang merokok 2,5 kali lebih mungkin meninggal sebelum waktunya dibandingkan orang pada populasi umum, memperpendek umur mereka hingga 10 tahun.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA