Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Shevchenko Persembahkan Ban Kapten Timnas Ukraina ke Lewandowski

Rabu 21 Sep 2022 18:59 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Penyerang Polandia Robert Lewandowski

Penyerang Polandia Robert Lewandowski

Foto: EPA-EFE/LUKASZ GAGULSKI
Polandia membantu pengungsi Ukraina akibat invasi Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Mantan kapten dan pelatih Ukraina Andriy Shevchenko menghadiahi bintang Barcelona dan Polandia, Robert Lewandowski, ban kapten Ukraina untuk dipakai di Piala Dunia Qatar, akhir tahun ini. Dalam acara di Stadion Narodowy, Warsawa, Shevchenko mengikatkan ban berwarna biru dan kuning ke lengan Lewandowski.

"Saya sangat bangga karena saya tahu apa artinya mendukung Ukraina. Saya tahu apa artinya memperjuangkan kebebasan, kami tahu sejarah, sejarah kami, dan itulah mengapa jelas untuk membantu tetangga kami, untuk membantu orang-orang dari Ukraina. Saya sangat bangga memakai ban kapten ini dan berada di sini,'' kata Lewandowski, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga

Sebagai negara tetangga, ada ikatan kuat dan sejarah bersama antara Ukraina dan Polandia, yang telah menerima lebih dari satu juta pengungsi Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia sejak Februari. Lewandowski telah lama berada di antara pendukung Ukraina, menyerukan Polandia untuk memboikot pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Rusia, beberapa hari setelah perang dimulai.

Ketika masih bermain untuk Bayern Munchen, kapten Polandia itu mengenakan ban Ukraina. Sementara rekan satu timnya mengenakan ban hitam untuk mengenang mereka yang meninggal dalam perang.

"Saya ingin berterima kasih kepada Robert atas emua yang telah dia lakukan untuk negara saya. Saya memberikan ban lengan ini kepadanya, ban lengan ini mewakili kebanggaan, kekuatan, beberapa keterikatan dengan Ukraia,'' kata Shevchenko.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA