Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania

Rabu 21 Sep 2022 21:55 WIB

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani

Bangkai paus pilot sirip pendek terdampar

Bangkai paus pilot sirip pendek terdampar

Foto: EPA-EFE/FULLY HANDOKO
Sekitar 230 paus pilot terdampar di Ocean Beach, Tasmania

REPUBLIKA.CO.ID, HOBART - Ratusan paus terdampar di pantai barat Tasmania, dekat kota Starhan pada Rabu (21/9/2022). Insiden ini terjadi hanya sehari setelah peristiwa serupa di King Island.

Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania mengkonfirmasi bahwa sekitar 230 paus pilot terdampar di Ocean Beach. Beberapa hewan juga terdampar di dataran pasir di Macquarie Harbour.

"Sepertinya sekitar setengah dari hewan itu hidup," kata departemen itu dalam sebuah pernyataan seperti dilansir laman Guardian, Rabu. Pihaknya mengatakan, sebuah tim sedang mengumpulkan peralatan penyelamatan paus dan menuju ke daerah tersebut.

"Pakar satwa liar laut akan menilai tempat kejadian dan situasi untuk merencanakan respons yang tepat," kata pernyataan departemen. Staf dari Tasmania Parks and Wildlife Service dan Polisi Tasmania juga dilaporkan akan membantu.

"Tanggapan terdampar di area ini komplek. Jika memang ditentukan perlu bantuan dari masyarakat umum, permintaan akan dilakukan melalui berbagai jalan," kata departemen.

Menurut Sam Gerrity dari Southwest Expeditions, beberapa paus masih hidup dan mayoritas dari mereka berada di Ocean Beach. Sementara itu Tom Mountney dari akuakultur Petuna melaporkan dari Ocean Beach bersama lima rekannya untuk membantu penyelamatan paus pada Rabu. Ia menjadi penyelamat saat terdampar massal pada 2020 di lokasi yang sama.

"Ini pemandangan yang surealis. Saya melihat sekitar 200 paus di pantai ini. Saya akan mengatakan sekitar setengahnya masih hidup," kata Mountney. "Kami memulai upaya penyelamatan kami – membawa mereka ke selimut khusus untuk memperbaikinya. Yang terbesar lebih dari dua hingga tiga ton. Kami sedang memilah-milah yang lebih kecil," lanjutnya.

Ia melaporkan bahwa kondisi cuaca di pantai barat tenang dan beberapa paus dapat terdengar menggeram dan mengklik. Mountney mengatakan dia juga melihat sekitar 20 hingga 30 paus pilot terjebak di gundukan pasir di Macquarie Harbour pada Rabu pagi, dan dia bisa melihat beberapa masih berenang.

Beberapa sumber mengkonfirmasi kepada Guardian Australia bahwa jalan menuju Ocean Beach dan Macquarie Heads telah ditutup. Seorang juru bicara mengatakan Polisi Tasmania hadir di daerah itu dan membantu keselamatan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA