Rabu 21 Sep 2022 12:56 WIB

Kecelakaan Bus Karantina Picu Kemarahan Warganet China

Bus dengan 47 orang di dalamnya jatuh sekitar pukul 2.40 pada Ahad (18/9/2022).

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Foto udara menunjukkan tempat pengujian komunitas untuk COVID-19 di Distrik Wudang, Guiyang, Provinsi Guizhou, China barat daya, 5 September 2022. Sebuah bus yang dilaporkan membawa 47 orang ke karantina COVID-19 di China barat daya jatuh pada dini hari Minggu pagi, menewaskan 27 orang dan melukai 20 lainnya, kata media.
Foto: Yang Ying/Xinhua via AP
Foto udara menunjukkan tempat pengujian komunitas untuk COVID-19 di Distrik Wudang, Guiyang, Provinsi Guizhou, China barat daya, 5 September 2022. Sebuah bus yang dilaporkan membawa 47 orang ke karantina COVID-19 di China barat daya jatuh pada dini hari Minggu pagi, menewaskan 27 orang dan melukai 20 lainnya, kata media.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kecelakaan bus malam hari yang menewaskan 27 orang di barat daya China pada pekan ini telah memicu badai kemarahan daring atas kerasnya kebijakan ketat Covid-19 negara itu. Pemerintah Guiyang memecat tiga pejabat yang bertanggung jawab atas distrik Yunyan, tempat para pasien berasal.

Laporan awal polisi tidak mengatakan siapa penumpang bus itu dan ke mana akan pergi, tetapi kemudian diketahui bahwa perjalanan tersebut menuju ke lokasi karantina di luar kota Guiyang, ibu kota provinsi Guizhou. Bus dengan 47 orang di dalamnya jatuh sekitar pukul 2.40 pada Ahad (18/9/2022). Pejabat kota mengumumkan beberapa jam kemudian bahwa para penumpang berada di bawah pengamatan medis, membenarkan laporan bahwa mereka dibawa ke karantina.

Baca Juga

Secara daring, banyak yang bertanya-tanya pada logika di balik pengangkutan orang keluar Guiyang. Warganet menuduh pemerintah memindahkan mereka sehingga kota tidak lagi melaporkan kasus baru.

"Apakah ini akan berakhir? Di pencarian teratas (di media sosial), ada segala macam situasi pencegahan pandemi setiap hari, menciptakan kepanikan yang tidak perlu dan membuat orang gelisah," tulis satu orang. "Apakah ada validitas ilmiah untuk mengangkut orang ke karantina, satu demi satu?"

Menurut sebuah situs web yang melacak posting yang disensor di platform media sosial populer FreeWeibo, tiga dari 10 pencarian teratas di Weibo terkait dengan kecelakaan bus. Banyak yang terpaku pada gambar bus yang dibagikan oleh pengguna media sosial.

Satu foto menunjukkan bus setelah diambil dari lokasi kecelakaan. Atapnya hancur dan bagian-bagiannya hilang. Foto lain diduga menunjukkan pengemudi mengenakan setelan pelindung putih lengkap.

Warganet mempertanyakan bagaimana seorang pengemudi bisa melihat dengan benar ketika wajahnya tertutupi dan mengapa dia mengemudi begitu larut malam. Banyak komentar disensor tetapi beberapa yang menyatakan ketidakpuasan dengan pendekatan pandemi saat ini tetap ada.

"Saya berharap harga dari rasa sakit ini dapat mendorong perubahan lebih cepat, tetapi jika memungkinkan, saya tidak ingin membayar harga yang begitu tinggi untuk perubahan seperti itu," tulis komentar dengan like terbanyak di laporan daring tentang kecelakaan yang disiarkan televisi negara //CCTV.

Pejabat Guiyang telah mengumumkan bahwa kota tersebut akan mencapai “societal zero-Covid” pada Senin (19/9/2022), satu hari setelah kecelakaan itu. Frasa itu berarti infeksi baru hanya ditemukan di antara orang-orang yang sudah dalam pengawasan, seperti mereka yang berada di fasilitas karantina terpusat atau yang merupakan kontak dekat dengan pasien yang sudah ada, sehingga virus tidak lagi menyebar di masyarakat.

China telah mengelola pandemi melalui serangkaian tindakan yang dikenal sebagai “clearing to zero” atau “zero Covid” yang dipertahankan melalui penguncian ketat dan pengujian massal. Pendekatan ini menyelamatkan nyawa sebelum vaksin tersedia secara luas, karena orang-orang menahan diri dari pertemuan publik dan mengenakan masker secara teratur. Namun, ketika negara-negara lain telah membuka dan melonggarkan beberapa pembatasan yang paling berat, China tetap teguh pada strategi yang sama.

China telah mengurangi waktu karantina untuk kedatangan di luar negeri dan akan mulai mengeluarkan visa pelajar. Hanya saja kebijakannya tetap ketat di dalam negeri. Para pejabat khawatir tentang potensi korban meninggal dan dampak pelonggaran apa pun terhadap sistem medis negara itu.

Presiden China Xi Jinping telah mengutip pendekatan China sebagai keberhasilan strategis utama. Keputusan yang diambil bukti dari keuntungan signifikan dari sistem politiknya atas demokrasi liberal Barat.

Tapi, bahkan ketika negara-negara lain terbuka, biaya kemanusiaan untuk pendekatan pandemi China telah meningkat. Awal tahun ini di Shanghai, penduduk yang putus asa mengeluh tidak bisa mendapatkan obat-obatan, bahkan bahan makanan selama dua bulan penguncian kota. Sementara beberapa meninggal di rumah sakit karena kurangnya perawatan medis karena kota membatasi pergerakan. Pekan lalu, penduduk di wilayah barat Xinjiang mengatakan mereka kelaparan di bawah penguncian lebih dari 40 hari.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement