Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Masjid Lewisham London Berencana Direnovasi

Rabu 21 Sep 2022 12:48 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

 Masjid Lewisham London Berencana Direnovasi. Foto:  Ilustrasi desain pembangunan kembali Masjid Makkah di Boston, Inggris.

Masjid Lewisham London Berencana Direnovasi. Foto: Ilustrasi desain pembangunan kembali Masjid Makkah di Boston, Inggris.

Foto: About Islam
Masjid Lewisham butuh ruang ekstra.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Sebuah kompleks bangunan yang menampung sebuah masjid dan flat rencananya akan direnovasi. Pusat Islam Lewisham membutuhkan ruang ekstra, mengingat bertambahnya jamaah yang mengunjungi lokasi tersebut.

Masjid yang ada di Lewisham High Street akan segera dihancurkan berdasarkan proposal, lantas diganti dengan bangunan empat lantai untuk menampung masjid baru. Tempat itu juga akan mencakup gym, kafe, ruang kerja dan enam flat.

Baca Juga

Pusat Islam Lewisham selama ini telah menyambut sekitar 2.000 jamaah melalui pintu masjidnya, selama pelaksanaan shalat Jumat.

Menurut proposal yang ada, masjid baru akan menampung jamaah yang terus berkembang, sekaligus memberikan layanan ekstra pada masyarakat setempat. Diketahui masjid yang ada dalam kompleks ini didirikan 40 tahun yang lalu.

"“Proposal tersebut akan menghasilkan pembangunan kembali dan peremajaan pusat komunitas, sekaligus tempat ibadah yang signifikan di wilayah Lewisham," berikut kalimat yang tertera dalam dokumen perencanaan, dikutip di London News Online, Rabu (31/9/2022).

Saat ini, kompleks bangunan ini memiliki tiga lantai, dengan elemen depan satu lantai yang menonjol, menampung berbagai bisnis dan fasilitas.

Fasilitas tersebut antara lain Lewisham Islamic Centre, Young Muslim Academy, Words of Wisdom Islamic Bookshop, Zaitoon Nursery and PreSchool, Hayat Tours dan Wing Chun Art.

Adapun dalam permohonan tersebut mengusulkan pembongkaran bangunan yang ada yang terletak di 363-365 Lewisham High Street, serta pendirian bangunan pengganti empat lantai ditambah ruang bawah tanah. 

"Bangunan itu akan menampung tempat ibadah, ditambah fasilitas masyarakat dan pendidikan, kafe, perpustakaan, serta gedung olahraga," lanjutnya.

Pengembangan yang diusulkan inj akan bebas mobil, tetapi menyediakan rak sepeda untuk orang yang ingin bersepeda ke pusat. Ada lima halte bus dalam jarak lima menit berjalan kaki dari situs, yang mengarah ke New Cross, Bromley dan Croydon.

Situs Lewisham High Street telah digunakan oleh Lewisham Islamic Center sebagai masjid sejak 2001. Dewan Lewisham akan membuat keputusan tentang aplikasi tersebut pada waktunya.  

Sumber:

https://londonnewsonline.co.uk/lewisham-mosque-set-for-redevelopment/

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA