Rabu 21 Sep 2022 08:24 WIB

Pedri Sesumbar Spanyol Punya Peluang Jadi Juara Piala Dunia 2022

Sebelumnya, Spanyol dinilai belum bisa sepenuhnya bersaing di pentas Piala Dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang muda Barcelona dan timnas Spanyol, Pedri Gonzalez.
Foto: AP/Frank Augstein
Gelandang muda Barcelona dan timnas Spanyol, Pedri Gonzalez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Gelandang timnas Spanyol, Pedri, tidak mau terpengaruh dengan berbagai prediksi yang menyebut Spanyol bukanlah tim favorit untuk bisa mengangkat trofi Piala Dunia 2022. Gelandang Barcelona itu menilai, La Furia Roja masih memiliki peluang untuk mematahkan prediksi tersebut.

Sejak menguasai Eropa dan Dunia pada rentang waktu 2008 hingga 2012, Spanyol tidak lagi menjadi kekuatan dominan di pentas sepak bola internasional. Di gelaran Piala Dunia 2014, La Furia Roja gagal lolos dari fase grup. Pun saat harus puas mengakhiri gelaran Piala Dunia 2018 di partai semifinal.

Baca Juga

Sedangkan di gelaran Piala Eropa, prestasi tim besutan Luis Enrique itu sedikit lebih baik. Di edisi terakhir Piala Eropa, tepatnya pada pertengahan tahun lalu, La Furia Roja mengakhiri kompetisi di babak semifinal. Kendati begitu, Spanyol dinilai belum bisa sepenuhnya bersaing di pentas Piala Dunia, termasuk di Piala Dunia 2022.

Tidak hanya persaingan dari sesama tim asal Eropa, seperti Inggris dan Jerman, Spanyol juga akan menghadapi tantangan berat dari wakil-wakil Amerika Selatan, seperti Argentina dan Brasil.

Namun, Pedri menilai, peluang Spanyol untuk meraih Piala Dunia 2022, yang bakal di gelar di Qatar, akhir tahun ini, tetap terbuka. Dengan perencanaan yang matang, terutama terkait taktik dan strategi permainan, La Furia Roja bisa menjadi kampiun Piala Dunia 2022.

''Mungkin, orang tidak terlalu berharap banyak dari kami. Mereka tidak melihat kami sebagai favorit juara. Namun, dari tim ini, kami melihat diri kami sebagai favorit juara. Kami tidak akan mendapatkan medali tanpa usaha. Jika kami bekerja seperti yang harusnya kami lakukan, kesempatan itu akan datang,'' kata Pedri dalam wawancara dengan Cadena Ser, Rabu (21/9/2022).

Gelandang berusia 19 tahun itu diharapkan kembali menjadi andalan Luis Enrique dalam mengawal lini tengah timnas Spanyol. Pedri pun disertakan dalam skuad La Furia Roja, yang akan melakoni dua partai lanjutan di pentas UEFA Nations League, kontra Swiss dan Portugal, akhir bulan ini.

Setelah melakoni dua laga tersebut, Spanyol dijadwalkan menghadapi Yordania dalam laga uji coba terakhir sebelum tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Di gelaran Piala Dunia pertama di kawasan Timur Tengah tersebut, Spanyol bergabung bersama Kosta Rika, Jerman, dan Jepang di Grup E.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement