Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Studi Ungkap Kopi Bisa Tingkatkan Tekanan Darah Secara Akut

Rabu 21 Sep 2022 06:11 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Kopi (ilustrasi). Menurut studi, dua hingga tiga cangkir kopi bisa meningkatkan tekanan darah sistolik sebesar 3-14 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 4-13 mmHg.

Kopi (ilustrasi). Menurut studi, dua hingga tiga cangkir kopi bisa meningkatkan tekanan darah sistolik sebesar 3-14 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 4-13 mmHg.

Foto: PixaHive
Studi ungkap ada kaitan dengan minum kopi dengan peningkatan tekanan darah akut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah awal dari keadaan darurat yang mengancam jiwa, seperti strok dan serangan jantung. Meskipun seseorang bisa mengontrol tekanan darahnya melalui diet sehat, namun terkadang tidak jelas apa yang harus dihindari.

Satu minuman populer yang disukai banyak orang, yakni kopi, telah dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah. Kopi selama ini dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, mulai dari kesehatan otak hingga memperpanjang umur dan harapan hidup.

Baca Juga

Tetapi, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa salah satu hal yang mungkin tidak menguntungkan dari kopi adalah efek hipertensi. Bahkan, penelitian tersebut mengingatkan bahwa minum kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah akut.

Peneliti menjelaskan, dua hingga tiga cangkir kopi bisa meningkatkan tekanan darah sistolik sebesar 3-14 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 4-13 mmHg. Lebih jauh lagi, efek ini mungkin lebih terasa pada orang yang tidak terbiasa menikmati minuman berkafein.

 

Bagian rumit tentang kopi tampaknya menjadi bahan utama yang disertakan dalam setiap cangkir, yaitu kafein. Studi tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi kopi setiap hari pada orang Polandia yang lebih tua dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah, tetapi para peneliti menyebut kenaikan itu tidak signifikan secara statistik.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA