Rabu 21 Sep 2022 07:19 WIB

Sukses Timnas U-20 Indonesia Pacu Semangat Pesepak Bola Usia Dini

Keberhasilan timnas beri efek positif terutama pada semangat dan motivasi para siswa.

Sejumlah pemain timnas U-19 (U-20) mengikuti latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, untuk menghadapi laga kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Indonesia akhirnya berhasil lolos kualifikasi dengan menyapu bersih tiga kemenangan.
Foto: ANTARA/Moch Asim
Sejumlah pemain timnas U-19 (U-20) mengikuti latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, untuk menghadapi laga kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Indonesia akhirnya berhasil lolos kualifikasi dengan menyapu bersih tiga kemenangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesuksesan tim nasional (timnas) U-20 Indonesia yang lolos ke Piala Asia U-20 2023 memacu semangat para pesepak bola usia dini. Salah satunya yang kini sedang menempuh pendidikan di sekolah sepak bola (SSB).

Bidang Pengembangan Sekolah Sepak Bola (SSB) UNI Bandung, Gilang Jalu Praga, menyatakan keberhasilan timnas, baik senior maupun junior, memberikan efek positif terutama terhadap semangat dan motivasi para siswa untuk berlatih. Apalagi ada dua pemain lulusan SSB UNI yang juga memperkuat timnas U-20 dalam Kualifikasi Piala Asia lalu.

Baca Juga

"Kita harus bangga ya ekspose media terhadap pesepak bola umur junior itu tinggi di Indonesia, berbeda dengan di luar negeri kan masih biasa saja. Dan sudah hal yang lumrah, keberhasilan timnas membuat anak-anak menjadi termotivasi," kata Gilang, Selasa (20/9/2022). "Misalnya kiper minimal mereka punya keinginan ingin seperti Cahya (Supriadi). Lalu penyerang ingin seperti Marselino (Ferdinan). Apalagi ada dua pemain alumni SSB UNI yang bermain di timnas."

Kedua pemain tersebut adalah Diaz Syayid Alhawari dan Achmad Maulana Syarif yang kini sama-sama berseragam Persija Jakarta.

Gilang menambahkan, keberhasilan timnas juga berimbas terhadap makin banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya bersekolah di SSB. Tak hanya itu, cerita timnas juga bahkan bisa menjadi pelecut semangat siswa yang awalnya jarang latihan menjadi rajin berlatih.

"Tentu ini menjadi tantangan bagi kami dalam hal pembinaan apalagi di umur-umur usia dini 8-12 tahun. Tapi bagaimana pun pemberitaan timnas ini bisa jadi pemicu dan pelecut semangat mereka," jelas Gilang.

Gilang berharap kesuksesan timnas saat ini bisa membuat pembinaan sepak bola usia dini di sekolah-sekolah sepak bola terus konsisten, namun dengan catatan para siswa juga harus bermain sesuai dengan kategori umurnya.

Timnas U-20 Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 usai menjadi juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan mengantongi sembilan poin hasil sapu bersih tiga pertandingan melawan Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam.

Dengan demikian, Indonesia sejauh ini sudah 18 kali lolos ke putaran final Piala Asia U-20. Dari penampilan tersebut, Garuda Muda hanya pernah juara sekali pada edisi 1961, dan runner-up pada 1967 dan 1970.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement