Rabu 21 Sep 2022 03:03 WIB

Soal Usul Nomor Urut Parpol dari Megawati, Gerindra: KPU yang Memutuskan

KPU dinilai memiliki pertimbangan sendiri karena banyak parpol baru mendaftar.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengusulkan agar nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024 sama seperti Pemilu 2019. Terkait hal teknis tersebut menurut Dasco akan diatur KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Saya pikir kan soal pemilu aturan apa namanya mengenai teknis pemilu itu kan nanti akan diatur sendiri oleh KPU," kata Dasco dalam keterangan video yang diterima Republika.co.id, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga

Menurutnya KPU memiliki pertimbangan apakah tetap menggunakan nomor urut lama atau mengubah dengan nomor urut baru. Apalagi ada banyak parpol baru yang mendaftar jadi peserta pemilu 2024.

"Jadi kemungkinan, ya maksudnya saya hal ini nanti biar KPU lah yang mutusin ya," ucapnya.

 

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengatakan dirinya pernah mengusulkan kepada KPU, agar nomor partai politik peserta pemilu di pemilu lalu, tak diubah untuk Pemilu 2024 dan berikutnya. Megawati mengatakan hal itu ia sampaikan kepada komisioner KPU di pelantikan Abdullah Azwar Anas sebagai Menpan-RB beberapa waktu lalu.

“Jadi dari pihak PDI Perjuangan, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, karena ini mengikat dengan masalah perundangan, tapi pengalaman dua kali pemilu, sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomer itu, sebenarnya saya katakan kepada bapak presiden dan ketua KPU dan Bawaslu, bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai. Kan secara teknis, itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak,” kata Megawati, Jumat (17/9/2022).

“Saya tentu sebagai partai, saya bilang boleh saja dong mengusulkan, nanti kalau partai lain saya belum tahu, tapi ini prinsip,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement