Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

BMKG Imbau Warga Palembang Waspadai Fenomena Kabut Pagi

Selasa 20 Sep 2022 12:55 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Kabut (ilustrasi). Kabut pagi buat jarak pandang terbatas sehingga berbahaya bagi pengendara kendaraan.

Kabut (ilustrasi). Kabut pagi buat jarak pandang terbatas sehingga berbahaya bagi pengendara kendaraan.

Foto: Pexels
Kabut pagi buat jarak pandang terbatas sehingga berbahaya bagi pengendara kendaraan

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Kota Palembang, Sumatra Selatan untuk lebih berhati-hati atas fenomena kabut yang kerap terjadi pagi hari. Kehati-hatian diperlukan supaya terhindar dari dampak buruk ketika beraktivitas di luar rumah.

Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Desindra Deddy Kurniawan mengatakan fenomena kabut atau fog itu kerap terjadi pada pagi hari hingga membuat jarak pandang mata terbatas seperti yang terjadi pada Selasa (20/9/2022) pagi ini. Hampir seluruh Kota Palembang diselimuti kabut tebal yang cukup mengganggu aktivitas masyarakat.

Baca Juga

Pihaknya mendeteksi fenomena kabut mulai menyelimuti Kota Palembang sekitar pukul 05.00 WIB hingga pukul 07.30 WIB. Kondisi ini menyebabkan jarak pandang terendah masyarakat mencapai 200 meter.

Menurut Desindra, fenomena kabut ini terjadi karena suhu permukaan bumi di Palembang dalam keadaan lebih dingin ketimbang suhu udara di atasnya. Atas kondisi itu, uap air mengalami kondensasi menjadi titik-titik air yang lebih kecil, kemudian melayang di permukaan menjadi kabut. Kabut pun perlahan hilang seiring munculnya sinar matahari.

"Meski demikian, keberadaan kabut berbahaya, khususnya bagi pengendara moda transportasi (darat, laut, dan udara), karena keterbatasan jarak pandang menyebabkan pengemudi sulit memprediksi jika ada benda atau kendaraan lain di depannya. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati," kata dia, Selasa.

Stasiun Meteorologi SMB II Palembang memprakirakan Kota Palembang berpotensi mengalami hujan intensitas sedang-lebat, pada Selasa, dengan suhu 24-33 C, kelembapan udara 58 persen - 97 persen. Potensi tersebut juga diprakirakan berlangsung di beberapa daerah lainnya seperti Kabupaten OKI, Banyuasin, OKU Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, dan Muara Enim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA