Selasa 20 Sep 2022 12:42 WIB

Gubernur Kalsel Ajak Jajaran ASITA Gencarkan Promosi Wisata Kalsel

ASITA sebagai mitra pemerintah berperan mendorong kemajuan pariwisata Kalsel

Paman Birin dalam sambutan tertulis yang disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Husnul Khatimah pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke XI Tahun 2022 DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kalsel di Hotel Fugo Banjarmasin, pada Selasa (20/9/2022).
Foto: Pemprov Kalsel
Paman Birin dalam sambutan tertulis yang disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Husnul Khatimah pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke XI Tahun 2022 DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kalsel di Hotel Fugo Banjarmasin, pada Selasa (20/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki potensi pariwisata yang luar biasa karena berbagai destinasi wisata ada di banua, mulai wisata alam, sejarah, budaya, religi, agro, hingga dan wisata bahari atau kelautan.

Selain itu, Kalsel juga memiliki destinasi wisata yang memiliki ciri khas dan keunikan, yang tidak ditemukan di provinsi lainnya yakni Pasar Terapung beserta budayanya yang sudah dikenal hingga mancanegara. Dengan berbagai potensi itu, Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengajak seluruh jajaran ASITA untuk bersama-sama meningkatkan kualitas dan menggencarkan promosi destinasi pariwisata di Kalsel, agar lebih dikenal, diakui, dan disegani wisatawanlokal, nasional maupun internasional.

Baca Juga

Hal ini disampaikannya Paman Birin dalam sambutan tertulis yang disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Husnul Khatimah pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke XI Tahun 2022 DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Kalsel di Hotel Fugo Banjarmasin, pada Selasa (20/9/2022).

Paman Birin menyebutkan, ASITA merupakan merupakan salah satu organisasi, sekaligus sebagai mitra pemerintah, yang memiliki peranan penting dan strategis, dalam peningkatan perekonomian dan mendorong kemajuan pariwisata di Kalsel.

Saat ini terang Paman Birin, pemerintah tengah berupaya untuk bangkit kembali, setelah lebih dari dua tahun lamanya, berkutat dalam kondisi pendemi Covid-19. Belum pulih sepenuhnya dari masa ini, kini dihadapkan dengan situasi global yang tidak menentu.

“Kondisi ini tentunya dapat kita jadikan sebagai wahana untuk terus berpikir dan berinovasi, dengan memanfaatkan potensi maupun peluang yang ada,” pesannya.

Masih menurut Paman Birin, sektor pariwisata, kuliner, perhotelan, transportasi, dan jasa-jasa pariwisata lainnya, menjadi salah satu tulang punggung untuk kebangkitan perekonomian di daerah.

Pemprov Kalsel lanjutnya, terus berupaya membangkitkan dan mengembangkan berbagai sumber perekonomian, salah satunya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang

merupakan sektor potensial untuk terus dikembangkan dan mampu menggerakkan perekonomian kerakyatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD ASITA Kalsel, H Sumedi menyebutkan, selain musda untuk pemilihan Ketua DPD ASITA, nantinya kepengurusannya juga akan melakukan berbagai kegiatan bertujuan merumuskan kegiatan strategis yang akan dilakukan kedepan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP ASITA, Budijanto Ardiansjah yang turut hadir mengharapkan, Musda ini dapat menghasilkan keputusan strategis yang bisa membangkitkan ASITA dan menguatkan perannya di Kalsel.

Pesannya, kegiatan pemilihan ketua bisa dilaksanakan secara demokratis dan adil, tidak menjadi masalah siapa pun pemenangnya atau ketua terpilih. “Yang terpenting adalah kekompakan,” ujar Budijanto mengakhiri sambutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement