Selasa 20 Sep 2022 11:50 WIB

Apple Kembali Perkenalkan Opsi Baterai iPhone di Pembaruan iOS 16

Fitur baterai membuat pengguna melihat status baterai tanpa menarik Pusat Kontrol.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Apple memperkenalkan kembali opsi persentase baterai pada iPhone dengan pembaruan iOS 16.
Foto: Flickr
Apple memperkenalkan kembali opsi persentase baterai pada iPhone dengan pembaruan iOS 16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple memperkenalkan kembali opsi persentase baterai pada iPhone dengan pembaruan iOS 16. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melihat status baterai tanpa perlu repot menarik Pusat Kontrol (Control Center).

Dilansir dari India Today, Selasa (20/9/2022), fitur persentase baterai tidak selalu tersedia di iPhone, tetapi Apple menghapusnya setelah peluncuran iPhone X pada 2018. Itu dihapus sejak Apple memperkenalkan notch besar, yang menurut Apple memakan banyak ruang.

Baca Juga

Namun, pengembalian persentase baterai tidak terjadi untuk semua iPhone. Itu hanya datang untuk iPhone dengan iOS 16. Tetapi Apple baru-baru ini mulai menempatkan iOS 16.1 untuk penguji beta dan memasukkan persentase baterai untuk iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 mini, dan iPhone 13 mini.

Tetapi kita juga tahu bahwa beberapa pengguna iPhone terbiasa dengan antarmuka lama, dan mungkin tidak menyukai tampilan bilah status baterai (alias persentase baterai). Dalam hal ini, Apple telah menyediakan opsi untuk menonaktifkannya juga, karena fitur tersebut tampaknya diaktifkan secara default.

Cara Mengaktifkan Persentase Baterai di iPhone dengan iOS 16

Untuk mengaktifkan persentase baterai, buka Settings > Battery > Turn on Battery Percentage . Proses untuk menonaktifkan opsi adalah sama. Untuk itu, buka Settings > Battery > Turn off Battery Percentage.

Anda juga dapat menambahkan widget persentase baterai ke Home Screen untuk memeriksa tingkat baterai iPhone dan aksesori yang terhubung (termasuk AirPods dan perangkat lain).

Untuk menambahkan widget persentase baterai:

-Sentuh dan tahan latar belakang Home Screen hingga aplikasi mulai bergoyang.

-Ketuk tombol Add Widget (diwakili oleh simbol Plus) di bagian atas layar dan gulir ke bawah.

-Ketuk Batteries.

-Sekarang geser ke kiri dan kanan melalui widget untuk melihat opsi ukuran.

-Ketuk Done untuk mengatur widget di home screen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement