Selasa 20 Sep 2022 10:47 WIB

Desain Ulang Utama PS5 Sony Dilaporkan akan Miliki Drive Disk

Revisi PlayStation 5 berikutnya dapat mencakup drive disk yang dapat dilepas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Sony PS5.
Foto: t3
Sony PS5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Revisi PlayStation 5 berikutnya dapat mencakup drive disk yang dapat dilepas, yang berpotensi memungkinkan Anda bermain gim menggunakan drive yang terhubung melalui USB-C, menurut Tom Henderson dari Insider Gaming. Laporan itu mengatakan bahwa kita dapat melihat model baru PS5 ini sekitar September 2023.

PS5 saat ini hadir dalam dua versi: satu dengan drive disk internal dan “edisi Digital” yang tidak dapat membaca disk, bahkan jika Anda mencolokkan drive USB ke dalamnya. Kedengarannya seperti Sony mencoba untuk menghilangkan kesenjangan digital/disk, daripada menjual konsol yang sama dengan atau tanpa drive yang disertakan.

Baca Juga

Dilansir dari The Verge, Selasa (20/9/2022), mudah-mudahan, ini berarti Anda akan dapat meningkatkan konsol dengan drive disk nanti, bahkan jika Anda memilih untuk menghemat uang saat pertama kali membeli PS5. Opsi itu akan sangat dihargai karena konsol semakin mahal di beberapa negara-negara seperti Inggris, Kanada, dan Jepang.

Insider Gaming melaporkan bahwa hard disk tersebut akan dijual secara terpisah, yang juga akan mempermudah perbaikan konsol Anda jika hard disk berhenti membaca.

Internal PlayStation 5 telah berubah secara signifikan sejak diluncurkan pada November 2020. Pada 2021, versi baru mulai diluncurkan dengan heatsink yang lebih ringan, dan awal tahun ini, konsol mendapat motherboard dan sistem pendingin baru. Terlepas dari perubahan itu, konsol tetap sama di luar.

Pada titik ini, sulit untuk mengatakan dengan tepat  bagaimana penambahan disk drive eksternal akan mengubah estetika polarisasi PS5—secara teori, revisi berikutnya mungkin akan terlihat seperti edisi digital PS5 saat ini, kecuali dengan tambahan port USB-C di belakang. Menurut Insider Gaming, revisi tersebut akan “sepenuhnya menggantikan” sasis yang dijual pada Selasa (20/9/2022) tetapi akan memiliki “perangkat keras yang hampir identik.”

Sepertinya akan sedikit menunggu sebelum opsi ini tersedia, tetapi itu dapat dimengerti mengingat bahwa Sony juga sedang mengerjakan peluncuran perangkat keras utama lainnya sekarang, dengan PlayStation VR2, headset realitas virtual generasi berikutnya yang dimaksudkan untuk dipasangkan dengan PS5. Meskipun The Verge telah mengujinya, tanggal rilis dan harga untuk PSVR2 saat ini belum diumumkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement