Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

JK Sebut Almarhum Azyumardi Banyak Menulis tentang Pemikiran Islam

Selasa 20 Sep 2022 05:23 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Warga mengisi buku tamu saat bertakziah di rumah duka almarhum Prof Azyumardi Azra di kawasan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Ahad (18/9/2022) malam WIB.

Warga mengisi buku tamu saat bertakziah di rumah duka almarhum Prof Azyumardi Azra di kawasan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Ahad (18/9/2022) malam WIB.

Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Jusuf Kalla belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum Prof Azyumardi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, M Jusuf Kalla (JK) menyebutkan, almarhum Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra banyak berkontribusi menulis buku dalam pemikiran tentang Islam di Indonesia. "Saya kira dari banyaknya akademisi dalam menuangkan pemikiran-pemikiran Islam paling banyak," ucap JK saat kedatangan jenazah di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Senin (19/9/2022) malam WIB.

Menurut JK, sosok Azyumardi juga adalah seorang akademisi andal dan telah banyak meninggalkan jasa dengan menuangkan pikirannya melalui buku dan media. Selain itu, sumbangsih eks rektor UIN Syarif Hidayatullah melalui karya tulisannya tersebut dapat disimpulkan telah berpengaruh besar terhadap kehidupan sosial di Indonesia. "Sehingga pemikirannya sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial kita," kata JK.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu menyampaikan rasa duka cita yang mendalam terhadap keluarga duka atas meninggalnya almarhum. "Saya ucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum Prof Azyumardi," kata JK.

Sebelumnya, JK dan Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta keluarga duka hadir untuk menyambut kedatangan jenazah Azyumardi di Gedung Human Remains Transit Lounge Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Setibanya di Bandara Cengkareng, jenazah langsung dilakukan proses serah terima dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada pukul 23.45 WIB. Selanjutnya, jenazah almarhum dilakukan pemindahan ke mobil ambulans yang disiapkan untuk membawa ke rumah duka di wilayah Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA