Selasa 20 Sep 2022 05:28 WIB

Honda New CBR250RR Semakin Mirip Big Bike

Disediakan ruangan khusus untuk merakit bagian terentu dari mesin New CBR250RR.

Pembalap Astra Honda Racing Team Andi Gilang berdiri di samping New CBR250RR saat peluncuran motor tersebut di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dalam tiga varian dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur berlimpah dan performa mesin lebih bertenaga yang dipasarkan mulai dari harga Rp62.850.000 on the road (OTR) DKI Jakarta.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Pembalap Astra Honda Racing Team Andi Gilang berdiri di samping New CBR250RR saat peluncuran motor tersebut di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dalam tiga varian dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur berlimpah dan performa mesin lebih bertenaga yang dipasarkan mulai dari harga Rp62.850.000 on the road (OTR) DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan peremajaan terhadap produk CBR250RR, Senin (19/9). Dengan perubahan kali ini, terutama dari desain bodi, fitur, performa mesin, dan proses perakitan yang lebih presisi, produk tersebut pun menjadi semakin mirip dengan line up motor besar (big bike). 

Presiden Directur AHM, Keiichi Yasuda menjelaskan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang memperkenalkan New CBR250RR. "Saat ini kami meyempurnakan performa berkendara dan mendesain ulang bagian cowl yang terinspirasi dari big bike," ujar Keiichi Yasuda saat peluncuran produk di Karawang, Jawa Barat, Senin. 

Dia mengatakan, New CBR250RR memiliki performa tinggi serta ragam fitur futuristik yang mendukung pengendaranya. Perubahan terbaru berkarakter motor besar ini diharapkan dapat semakin menarik perhatian pecinta sepeda motor di Indonesia.

photo
President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Keiichi Yasuda (kedua kiri), Executive Vice President Director Johannes Loman (kedua kanan), Marketing Director Thomas Wijaya (kiri) dan Marketing Director Tetsuya Komine melakukan sesi foto saat peluncuran New CBR250RR di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dalam tiga varian dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur berlimpah dan performa mesin lebih bertenaga yang dipasarkan mulai dari harga Rp62.850.000 on the road (OTR) DKI Jakarta. - (ANTARA/Sigid Kurniawan)
 

"New CBR250RR diproduksi dengan teknologi tinggi di pabrik AHM Karawang. Di beberapa bagian teknologi mesin ini mengadopsi tingkat akurasi seperti model big bike," ujar Yasuda.

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menjelaskan motor berforma tinggi merupakan impian para pecinta sepeda motor di Indonesia. Karenanya, New CBR250RR yang dikembangkan melalui proses produksi khusus yang diharapkan dapat memenuhi impian tersebut

Apalagi, perusahaan menerima banyak masukan dari konsumen yang menjadi inspirasi dalam pengembangan produk New CBR250RR sebagai motor impian pencinta supersport.

"Keahlian putra-putra bangsa di pabrik AHM Karawang menjadi penentu utama kualitas motor supersport CBR250RR yang telah diekspor ke mancanegara dan menjadi bagian kebanggaan negeri ini," ujar Loman.

Pada kesempatan kali ini, Republika pun mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung proses perakitan New CBR250RR di pabrik AHM di Karawang. Di pabrik dengan jumlah karyawan mencapai tujuh ribu pegawai itu, disediakan satu ruangan khusus untuk merakit bagian terentu dari mesin New CBR250RR.

photo
Karyawan PT Astra Honda Motor (AHM) sedang merakit sepeda motor New CBR250RR di pabrik AHM di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9). - (PT AHM)
 

Untuk memastikan kualitas produknya, ruangan tersebut dikondisikan agar steril. Bahkan, tekanan di ruangan tersebut dibuat lebih tinggi ketimbang di luar. Sehingga ketika pintu dibuka, maka udara di dalam ruangan akan keluar dan tidak akan ada udara yang masuk.

Begitu pula dengan pakaian dan sepatu. Karyawan hanya diperbolehkan mengenakan baju dan sepatu steril yang telah disediakan di dalam ruangan. "Rambut atau bahkan debu itu bisa memengaruhi kualitas mesin nantinya. Makanya ruangan itu sangat steril," kata pegawai yang menemani Republika berkeliling pabrik.   

Bahkan, untuk pekerja yang masuk ke ruangan itu pun hanya mereka yang terpilih dan memiliki sertifikasi khusus. Setidaknya, ada 12 pekerja yang bekerja dalam satu shift di ruangan tersebut dengan output 40 unit mesin dalam satu hari.

 

Lebih Agresif

New CBR250RR kini memiliki tampilan desain yang lebih agresif dengan dimensi yang lebih lebar di keseluruhan tampilan bodi. Ini terlihat dari karakter potongan-potongan tajam di setiap lekukan yang semakin menguatkan kesan motor balap. AHM juga mengklaim, desain bodi model terbaru ini turut mendukung dalam memberikan kontribusi untuk kemudahan pengendalian saat melakukan manuver.

Untuk urusan dapur pacu, Honda menggunakan mesin baru melalui pengembangan kompresi mesin yang meningkat di ruang pembakaran. Kemudian melakukan perubahan ukuran gear ratio yang meningkatkan performa saat berkendara.

Perubahan sisi mesin New CBR250RR ini dikatakan menghasilkan tenaga optimal, torsi yang optimal, dan kecepatan puncak lebih tinggi, serta tarikan yang responsif. Berbagai perubahan model ini memberikan daya sensasi bermanuver yang lebih lincah dan stabil untuk melaju di tengah padatnya jalur kota maupun menaklukkan tikungan sirkuit.

Beragam fitur baru juga disematkan guna menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan sepeda motor bertenaga tinggi dan mendukung kebutuhan berkendara sehari-hari. Mulai dari separated function fork (SFF) big piston inverted di suspensi depan serta hazard lamp untuk varian SP dan SP-Quick Shifter.

photo
Pembalap Astra Honda Racing Team Andi Gilang mengendarai New CBR250RR saat peluncuran motor tersebut di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dalam tiga varian dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur berlimpah dan performa mesin lebih bertenaga yang dipasarkan mulai dari harga Rp62.850.000 on the road (OTR) DKI Jakarta. - (ANTARA/Sigid Kurniawan)
 

New CBR250RR varian SP dan SP Quick Shifter dibekali mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang kompak. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 31 kW (42 PS)/13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm (2,5 kgf.m)/11.000 rpm. 

Mesin ini didukung pula oleh bobot ringan yang dapat memberikan kemudahan bagi pengendara untuk menikmati pengalaman bermanuver yang lebih baik. Motor ini hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200 meter dan mampu mencapai kecepatan puncak hingga 175 kilometer per jam. 

Pihak Honda menjelaskan, fitur quick shifter disematkan di varian New CBR250RR SP Quick Shifter. Fitur ini mengoptimalkan perpindahan gigi sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling. 

Fitur ini identik dengan motor balap ini sehingga memberikan pengalaman layaknya menunggangi motor balap MotoGP. Dengan quick shifter ini, pengendara dapat menikmati akselerasi yang lebih responsif karena tidak ada jeda waktu saat memindahkan gigi.

Terdapat 4 mode quick shifter yang dapat disesuaikan di New CBR250RR. Mulai dari mode yang mengaktifkan quick shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Kemudian untuk menaikkan gigi saja, untuk menurunkan gigi saja, dan mode quick shifter off

Selain quick shifter, fitur assist/slipper clutch juga hadir di varian New CBR250RR SP dan SP Quick Shifter. Fitur ini berfungsi untuk mengurangi risiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem. 

Dengan begitu, dapat mencegah ban belakang selip serta menambah kenyamanan berkendara. Melalui pengaplikasian fitur ini, pengendara dapat merasakan pengoperasian kopling yang lebih ringan. 

photo
Jurnalis mengambil gambar motor Honda New CBR250RR yang diluncurkan di Plant AHM Karawang, Jawa Barat, Senin (19/9/2022). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan New CBR250RR dalam tiga varian dengan mengadopsi karakter motor besar dalam keseluruhan desain bodi, fitur berlimpah dan performa mesin lebih bertenaga yang dipasarkan mulai dari harga Rp62.850.000 on the road (OTR) DKI Jakarta. - (ANTARA/Sigid Kurniawan)
 

Seluruh varian CBR250RR juga telah disematkan throttle by wire yang menjadi pendobrak standar saat CBR250RR pertama kali diluncurkan. Fitur ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Untuk memaksimalkan fungsinya, dilengkapi pula riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara secara agresif di sirkuit hingga jalanan padat perkotaan.

Honda menyediakan lima varian untuk produk ini. Untuk harga, Honda melabel produk ini mulai dari rentang harga Rp 62,850 juta (on the road Jakarta) untuk varian standar hingga 79,200 juta (on the road Jakarta) untuk tipe SP–Quick Shifter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement