Selasa 20 Sep 2022 04:22 WIB

Orang Berilmu Mendapat Posisi Penting di Sisi Allah SWT 

Allah memuliakan orang berilmu.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Orang Berilmu Mendapat Posisi Penting di Sisi Allah SWT. Foto:  Ilustrasi Peta Jalan Pendidikan
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang Berilmu Mendapat Posisi Penting di Sisi Allah SWT. Foto: Ilustrasi Peta Jalan Pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Orang yang berilmu menempati posisi penting di sisi Allah SWT. Allah SWT telah mengistimewakan dan memuliakan orang-orang berilmu. 

Mufti Agung Mesir Prof Dr Ali Jumah mengatakan, hal ini sebagaimana termaktub dalam Firman-Nya surah Ali Imron ayat 18 yang artinya:

Baca Juga

"Allah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia. Yang menegakkan keadilan. Pada malaikat dan orang-orang yang berilmu juga menyatakan demikian. Tak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana."

Prof Ali Jumah mengatakan, dalam ayat di atas tersebut, bagaimana Allah SWT memulai syahadah dengan dirinya sendiri, kemudian yang kedua menyebut malaikat, dan yang ketiga menyebut orang yang berilmu!" 

"Bukankah ini cukup untuk menunjukkan betapa mulia dan istimewanya orang berilmu di sisi Allah," katanya.

Kelebihan orang berilmu juga Allah SWT ceritakan dalam surah Az-Zumar ayat 9 yang artinya;

"Katakanlah: "Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?"sebenarnya hanya orang-orang yang berakal sehat (ulul albab) yang dapat menerima pelajaran"

Syekh Ali Jumah menerangkan, bentuk kalimat tanya dalam ayat tersebut untuk mengingatkan bahwa orang-orang yang awal disebutnya itu orang-orang yang berilmu berada pada derajat kebaikan yang tertinggi, sedangkan orang-orang yang akhir disebut berada pada derajat keburukan yang rendah. Penilaian seperti ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang mempunyai pemikiran moderat, dan bijaksana. 

"Orang-orang yang berilmu (ulama) telah ditinggikan derajatnya oleh Allah mengalahkan kaum mukminin lainnya. Dan Allah SWT meninggikan derajat kaum mukminin di atas kaum yang lainnya. 

Hal ini Allah terangkan dalam surat al-Mujadilah ayat 11 yang artinya:

"Niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat" 

Ibnu Abbas ra berkata, "Para ulama lebih tinggi 700 derajat di atas orang-orang beriman lainnya. Antara 1 derajat dengan derajat yang lainnya seluas perjalanan 500 tahun."

Allah SWT juga memuji orang yang berilmu. Pujian itu ada di dalam Aquran Faathir ayat 28 yang artinya. "Di antara hamba-hambaNya yang takut kepada Allah, hanyalah para ulama."

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement