Senin 19 Sep 2022 11:24 WIB

Penelitian: Mars Mungkin Tertutupi Danau di Masa Lalu

Dasar danau saat ini menjadi salah satu target utama penjelajah robot di Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Foto planet Mars yang diambil rover China Zhurong.
Foto: cnsa
Foto planet Mars yang diambil rover China Zhurong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak penjelajah robotik mulai mengunjungi planet Mars selama 1960-an dan 70-an, para ilmuwan telah dibuat bingung dengan fitur permukaan Planet Merah. Ini termasuk saluran aliran, lembah, dasar danau, dan delta yang tampaknya telah terbentuk dengan adanya air.

Sejak itu, lusinan misi telah dikirim ke Mars untuk menjelajahi atmosfer, permukaan, dan iklimnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang masa lalunya yang lebih hangat dan lebih basah. Secara khusus, para ilmuwan ingin mengetahui berapa lama air mengalir di permukaan Mars dan apakah itu persisten atau periodik di alam.

Baca Juga

Tujuan utama di sini adalah untuk menentukan apakah sungai, aliran, dan genangan air ada cukup lama untuk kehidupan muncul. Sejauh ini, misi seperti Curiosity dan Perseverance telah mengumpulkan banyak bukti yang menunjukkan bagaimana ratusan dasar danau besar pernah menghiasi lanskap Mars.

Tetapi menurut sebuah studi baru oleh tim, perkiraan Universe Today, Senin (19/9/2022) saat ini tentang air permukaan Mars mungkin meremehkan secara dramatis. Berdasarkan meta-analisis data satelit selama bertahun-tahun, tim berpendapat bahwa danau purba mungkin pernah menjadi fitur yang sangat umum di Mars.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr Joseph Michalksi, seorang profesor di Departemen Ilmu Bumi dan Wakil Direktur Laboratorium untuk Penelitian Luar Angkasa (LSR) di Universitas Hong Kong (HKU). Seperti yang dijelaskan Michalski dalam siaran pers HKU baru-baru ini, penelitian saat ini berfokus pada perairan yang lebih besar di Mars, yang berpotensi mengabaikan banyak danau kecil yang mungkin ada di sana.

“Kami mengetahui sekitar 500 danau purba yang tersimpan di Mars, tetapi hampir semua danau yang kami ketahui berukuran lebih dari 100 km persegi. Tetapi di Bumi, 70 persen danau lebih kecil dari ukuran ini, terjadi di lingkungan yang dingin di mana gletser-gletser telah surut. Danau berukuran kecil ini sulit diidentifikasi di Mars dengan penginderaan jauh satelit, tetapi banyak danau kecil mungkin memang ada. Kemungkinan setidaknya 70 persen dari danau Mars belum ditemukan.”

Dasar danau saat ini menjadi salah satu target utama penjelajah robot di Mars karena danau purba memiliki semua bahan untuk cahaya mikroba, termasuk air, nutrisi, dan sumber energi seperti cahaya (untuk fotosintesis). Saat ini, dasar danau dari badan air purba ini mengandung endapan sedimen yang kaya akan mineral lempung besi/magnesium dan karbonat, serta sulfat, silika, dan klorida. Endapan ini berpotensi mengandung bukti yang diawetkan yang akan membuktikan kondisi-kondisi atmosfer dan iklim purba di Mars.

Tapi seperti yang mereka tunjukkan di makalah, danau Mars yang paling dikenal berasal dari Periode Noachian (sekitar 4,1 hingga 3,7 miliar tahun yang lalu) dan hanya berlangsung selama 1.000 hingga 1 juta tahun. Dalam istilah geologis, ini adalah rentang waktu yang relatif singkat dan mewakili sebagian kecil dari garis waktu Noachian 400 juta tahun. Ini bisa berarti bahwa Mars kuno juga dingin dan kering, dan air yang mengalir bersifat episodik dan berumur pendek. Karena gravitasi Mars yang lebih rendah dan tanah berbutir halus, tim juga berteori bahwa danau di Mars akan menjadi keruh, sehingga sulit bagi cahaya untuk mencapai sangat dalam dan menghadirkan tantangan-tantangan untuk fotosintesis.

Akibatnya, Michalski dan rekan-rekannya berpendapat bahwa danau besar, kuno, dan beragam lingkungan akan menjadi target yang jauh lebih menjanjikan untuk eksplorasi di masa depan. “Tidak semua danau diciptakan sama,” kata Michalski.

Dengan kata lain, beberapa danau Mars akan lebih menarik untuk kehidupan mikroba daripada yang lain karena beberapa danau besar, dalam, berumur panjang, dan memiliki berbagai lingkungan seperti sistem hidrotermal yang dapat kondusif untuk pembentukan dari hidup sederhana.”

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement