Ahad 18 Sep 2022 23:31 WIB

Kapolri Sampaikan Belasungkawa atas Wafatnya Azyumardi Azra

Kapolri mengenang Azyumardi Azra sebagai sosok yang menyebarkan moderasi beragama

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui akun Instagram resmi miliknya menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra. Ilustrasi.
Foto: Prayogi/Republika
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui akun Instagram resmi miliknya menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melalui akun Instagram resmi miliknya menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra, Ahad (18/9/2022). Dalam unggahannya, jenderal bintang empat itu mengenang sosok almarhum sebagai seorang akademisi dan cendekiawan Muslim yang menyebarkan moderasi beragama.

"Almarhum adalah seorang akademisi dan cendekiawan muslim yang selalu menampilkan sifat sederhana serta selalu menyebarkan moderasi beragam dalam setiap karyanya," tulis Sigit dalam unggahannya dilihat di Jakarta, Ahad.

Baca Juga

Mantan kabareskrim Polri itu pun mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan almarhum agar husnul khatimah dan diterima segala amal ibadahnya serta turut mendoakan kepada keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan ketabahan. "Saya mewakili keluarga besar Polri menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Bapak Prof Azyumardi Azra," tulis Sigit.

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. Dedi mengenang sosok almarhum sebagai tokoh pers yang concern untuk memajukan pers di Indonesia dan menguatkan literasi masyarakat.

"Beliau sangat concern untuk penguatan Dewan Pers guna mewujudkan pers yang maju dan penguatan literasi ke masyarakat untuk mencerdaskan," kata Dedi kepada Antara di Jakarta, Ahad malam.

Pemakaman almarhum Prof Azyumardi Azra masih menunggu kabar dari Malaysia karena hingga malam ini jenazah masih berada di Negeri Jiran. Informasi ini disampaikan oleh anggota Dewan Pers dan juga Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Yadi Hendriana.

"Kami masih menunggu dari Malaysia. Kami tunggu kabar sampai besok. Sekarang yang penting kita doakan Prof Azra bahagia dan diberikan kelapangan menghadap Sang Khalik. Jenazah Prof Azra masih di Malaysia," kata Yadi.

Informasi yang diperoleh dari pihak Taman Makam Pahlawan Utama Nasional (TMPUN) Kalibata menyebutkan pemakaman pada Selasa (20/9) dengan waktu masih dalam konfirmasi. Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra wafat di Rumah Sakit Serdang, Selanggor, Malaysia, Ahad, pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat kunjungan kerja ke Malaysia. Azyumardi adalah cendekiawan muslim yang menorehkan banyak prestasi sebelum terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Ia dilantik sebagai Ketua Dewan Pers pada Mei lalu. Almarhum mendapat gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris pada 2010 dengan gelar Commander of the Order of the Bristush Empire(CBE).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement