Ahad 18 Sep 2022 14:42 WIB

Studi Banding ke KSPPS, Salimah Klaten Kembangkan Kossuma

Kossuma Klaten perlu melakukan banyak upaya dalam menguatkan amal usahanya.

Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten lakukan kunjungan studi banding ke Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Kossuma Cita Mandiri, pada Sabtu (17/9/2022).
Foto: istimewa
Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten lakukan kunjungan studi banding ke Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Kossuma Cita Mandiri, pada Sabtu (17/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (PD Salimah) Kabupaten Klaten lakukan kunjungan studi banding ke Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Kossuma Cita Mandiri, pada Sabtu (17/9/2022). KSPPS Kossuma tersebut merupakan lembaga usaha yang dimiliki oleh PD Salimah Sukoharjo yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar, Gabahan RT 01 RW 12 Jombor Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja bidang ekonomi. Acara dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan Kossuma Klaten agar lebih berdaya guna dan banyak memberikan kontribusi kemanfaatan bagi masyarakat. Acara silaturahim ngangsu kawruh, sharing pemikiran dan pengalaman, serta FGD (Focus Group Discussion) berjalan dengan gayeng.  Tim KSPPS Kossuma Cita Mandiri Sukoharjo sebagai tuan rumah pun menyambut baik dan penuh kekeluargaan.

Baca Juga

Ketua Bidang Ekonomi Rumi Saryati  menyampaikan bahwa Kossuma Klaten perlu melakukan banyak upaya dalam menguatkan amal usahanya. Salah satunya melalui studi banding, belajar dari lembaga lain yang dinilai lebih berkembang.

“Kami ingin belajar dari Kossuma Cita Mandiri, utamanya mengenai sejarah pendirian dan program yang dilakukan, cara membesarkannya, tantangan dan peluang yang hadapi, serta hal lain bersifatnya teknis mengenai KSPPS," ungkapnya.

 

Rumi Saryati juga menjelaskan bahwa Kossuma Klaten berusaha untuk memberdayakan perempuan secara ekonomi agar dapat membantu keluarga. Oleh karena itu, ia bersama anggota bidang ekonomi dan semua pengurus yang ada, berupaya agar Kossuma Klaten lebih maju dan dikenal masyarakat luas.

Dalam paparan materinya, Sri Zulaifah selaku Ketua Pengurus menjelaskan tentang pengalaman dalam membangun Kossuma Sukoharjo, mulai dari awal pendirian, struktur kelembagaan -dari pengawas, dewan syariah, pengurus, pengelola-, legalitas notaris, proses kepemilikan kantor hingga, dinamika jatuh bangun, hingga jenis-jenis produk koperasi yang diberikan kepada anggota.

Selain ketua pengurus KSPPS Kossuma Cita Mandiri, hadir pula Pengawas lembaga -Seti Rahayu-, Bendahara Pengurus -Muslihatun-, Manager -Annisa’ Rakhmawati- dan pengelola lain: teler, admin, dan marketing. 

“Kami berharap dengan adanya studi banding ini membawa keberkahan dan kemanfaatan bagi Kossuma Sukoharjo dan Kossuma Klaten. Banyak insight yang bisa kami petik, banyak ide, selanjutnya eksekusi untuk mewujudkannya. Semoga terus bersemangat ” ujar Prembayun Miji Lestari selaku Kahumas Salimah Klaten dalam diskusinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement