Sabtu 17 Sep 2022 07:00 WIB

Dekat dengan Rizky Febian, Inilah Profil Penyanyi Mahalini Raharja

Cantik, pintar, dan berbakat, mungkin itu tiga kata yang pas untuk menggambarkan Mahalini Raharja. Berikut biodata dan cerita kesuksesannya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja alias Mahalini adalah penyanyi muda yang cantik dan berbakat. Perempuan kelahiran Denpasar, 4 Maret 2000 itu lebih dikenal luas setelah menjadi TOP 5 Indonesian Idol 2020.

Namun sebelumnya, Brand Ambassador (BA) dari Implora Cosmetics ini sudah pernah merilis lagu ciptaannya sendiri, Bawa Dia Kembali (2015), sewaktu masih SMP. Belakangan, single Aku yang Salah yang dibawakannya bersama Nuca dijadikan OST. Ikatan Cinta (RCTI).

Single ketiga rilisannya, Melawan Restu, membuatnya memenangkan penghargaan New Artist of the Year dari Indonesian Music Awards 2021. Kini, Lini merambah dunia akting dan sudah membintangi dua judul film, yakni Kapan Pindah Rumah (2021) serta Kopi Pahit (2022).

Baca Juga: Serunya Perjalanan Karier Rizky Febian, Sukses Rilis Album Jejak Berkat Keluar dari Zona Nyaman

Biodata Mahalini Raharja

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mahalini Raharja (@mahaliniraharja)

Mahalini tumbuh besar di Dusun Banjar Aseman Kawan, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali. Ia adalah putri bungsu dari mendiang Ni Nyoman Serini dan I Gede Suraharja. Sang ibu telah meninggal pada tahun 2021 lalu akibat Covid-19.

Dari namanya (Ketut artinya anak keempat), diketahui Mahalini ialah putri keempat di keluarganya. Lini mempunyai seorang kakak perempuan dan dua orang saudara lelaki.

Sedari kecil, Lini yang cantik jelita juga memiliki suara yang indah. Minatnya tampak besar pada dunia tarik suara dan modeling

Bakatnya dalam bernyanyi sudah terlihat sejak dini. Hingga ia pun mengikuti les olah vokal guna mengasah bakat menyanyinya sewaktu kelas 5 SD.

Menangkan Kontes Bernyanyi hingga Rilis Single Perdana

Memasuki bangku SMP Negeri 1 Denpasar, wanita penyuka spicy food ini bergabung dengan vokal grup sekolah dan makin sering mengikuti beraneka ajang kompetisi menyanyi.

Ia pun kerap tampil solo dan menjuarai sejumlah lomba tingkat daerah hingga nasional. Di antaranya seperti Juara I Festival dan Siswa Nasional se-Provinsi Bali. Saat mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Denpasar, Lini bahkan berhasil meraih beasiswa prestasi berkat talentanya dalam bernyanyi.

Belakangan Mahalini digandeng oleh Bobby Sandhora yang dikenal sebagai produser musik ibukota. Sandhora Production lantas mengorbitkan Mahalini secara nasional melalui lagu Bawa Dia Kembali (2015) di bawah naungan Valf Records.

Menjadi TOP 5 Indonesian Idol 2020

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mahalini Raharja (@mahaliniraharja)

Mahalini berhasil masuk lima besar Indonesian Idol musim ke-10 yang digelar pada tahun 2019-2020. Meski tak memenangkan juara pertama dalam ajang pencarian bakat bergengsi tersebut, Mahalini terus mengembangkan karier musiknya.

Dalam ajang kompetisi Indonesian Idol 2020, Tiara Anugrah (Tiara Andini) diketahui berhasil menjadi runner-up, sementara Lyodra Ginting yang meraih juara pertama. Adapun Ziva Magnolya memenangkan posisi ketiga, sedangkan Muhammad Raja Giannuca (Nuca) menjadi juara keempatnya.

Rampungkan Single Aku yang Salah dengan Nuca

Di bawah naungan HITS Records, Mahalini x Nuca sukses meramaikan belantika musik Tanah Air dengan hits mereka yang laris manis, Aku yang Salah. Suara khas Mahalini dan Nuca terdengar mengalun harmonis sewaktu diduetkan.

Single duet Mahalini dan Nuca tersebut rilis pada tahun 2020 lalu. Lagu itu langsung mendobrak pasaran dan digemari publik. Terbukti dari begitu banyaknya views di YouTube dan streams di Spotify.

Aku yang Salah lantas menjadi salah satu soundtrack dari sinetron spektakuler RCTI, Ikatan Cinta. Tingginya rating sinetron tersebut membuat lagu Mahalini dan Nuca pun makin dikenal oleh masyarakat luas. 

Baca Juga: Makin Serius Tekuni Akting, Begini Perjalanan Karier Musik Bintang KKN di Desa Penari, Calvin Jeremy

Semakin Sukses Sebagai Musisi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mahalini Raharja (@mahaliniraharja)

Setelah menjadi TOP 5 Indonesian Idol 2020, Lini sempat menelurkan single Indonesia Jaya yang menjadi bagian dari 8 Besar Indonesian Idol X. Ia kemudian meluncurkan single keduanya, Melawan Restu pada Maret 2020. 

Melawan Restu terdapat dalam album Musikini Super Hits 3. Dalam lagu ini, Lini lah langsung yang menulis liriknya. Adapun Keke Ananta dan Martinus Tintin digandeng sebagai komposer.

Kesuksesan pun menghampirinya, lagu Melawan Restu berhasil meraih 2 juta pendengar setiap bulannya di platform streaming musik, Spotify. Lini pun menjadi musisi Bali pertama yang meraih rekor pencapaian tersebut. Lagu itu pula yang membawanya memenangkan penghargaan New Artist of the Year dari Indonesian Music Awards 2021. 

Makin Produktif dalam Berkarya

Selanjutnya Lini kembali merilis Sisa Rasa (2021), lagu yang ia persembahkan untuk mengenang almarhumah ibunya. Lirik lagu Sisa Rasa yang terdapat dalam album Journey of Love ini kembali ditulis oleh Lini, dengan Martinus Tintin selaku komposernya.

Kemudian di akhir tahun, Lini kembali berduet dengan Nuca dalam lagu Janji Kita (2021). Lagu yang terdapat dalam album Musikini Super Hits 3 dan Journey of Love itu kembali meledak di pasaran. 

Sosok Mahalini semakin dicintai para fans. Ia sempat tampil sebagai sinden dalam tayangan Opera Van Java Sabtu Malam Kite Lagi (2021) sebanyak 8 episode. Dan di tahun 2022 ini, Mahalini kembali mengeluarkan single non album berikutnya yang berjudul Kisah Sempurna dengan nuansa Pop-Ballad.

Merambah Dunia Akting

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mahalini Raharja (@mahaliniraharja)

Belakangan Mahalini terjun ke ranah akting dan memulai debutnya dalam film Kapan Pindah Rumah (2021). Dalam film yang diarahkan oleh Herwin Novianto tersebut, ia berperan sebagai Kanaya.

Lini berkesempatan beradu akting dengan Cut Mini, Indro Warkop, Abun Sungkar, Clara Bernadeth, dan lainnya. Film tersebut tayang perdana tanggal 17 Desember 2021 dan disalurkan oleh KlikFilm

Adapun dalam film Kopi Pahit (2022), ia kembali dipasangkan dengan kawan duetnya dalam bernyanyi, Nuca. Selanjutnya, bintang iklan Kuku Bima Ener-G (2021) dan Implora (2022) ini akan bermain dalam film berjudul My Sassy Girl

Mengambil Kuliah Kedokteran

Sejak tahun 2018, nama Lini sudah terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Pendidikan Dokter Gigi di Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Bali. Lini sempat aktif kuliah selama satu semester lamanya. 

Namun karena berfokus merintis kariernya di industri entertainment, wanita yang kini resmi menjadi kekasih penyanyi Rizky Febian sejak Februari 2022 itu pun mengambil cuti untuk sementara waktu.

Menjadi Nominator Banyak Penghargaan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mahalini Raharja (@mahaliniraharja)

Selain berhasil meraih New Artist of the Year dari Indonesian Music Awards 2021, nama Mahalini pun telah menjadi nominator Collaboration of the Year bersama Nuca untuk lagu Aku yang Salah. 

Lini juga masuk nominasi di sejumlah ajang bergengsi lainnya. Bersama Rizky Febian, ia dinominasikan sebagai Pasangan Selebriti Terbucin dalam Obsesi Awards 2022. 

Sementara itu, ia juga masuk nominasi Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop di SCTV Music Awards. Dari ajang yang sama, nama Lini masuk nominasi untuk kategori Penyanyi Paling Sosmed. Demikian juga dengan lagu Melawan Restu yang masuk nominasi Lagu Pop Paling Ngetop. 

Masih dari SCTV Music Awards 2022, pasangan duet Mahalini dan Nuca juga masuk nominasi kategori Kolaborasi Paling Ngetop.

Dicintai Banyak Penggemar

Gaung nama Mahalini Raharja kini telah terdengar semakin luas. Tak hanya karya musiknya saja yang mendapatkan apresiasi. Kemampuan aktingnya yang elok pun membuat Lini semakin dicintai publik. 

Terbukti, akun Instagram @mahaliniraharja sudah diikuti oleh lebih dari 2 juta followers. Sementara untuk saluran YouTube resminya, Mahalini, kini telah mendapatkan lebih dari 400 ribu subscriber

Tak hanya itu, Mahalini pun kerap diundang untuk perform bernyanyi dalam beragam show di berbagai kota-kota Indonesia. Selain kerap menerima endorsement dan kerja sama dari berbagai produk brand terkenal, Lini juga didapuk menjadi duta merek kosmetik Implora.

Kesuksesan adalah Hasil yang Berproses

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mahalini Raharja (@mahaliniraharja)

Keberhasilan karier Mahalini tentunya tak datang dengan instan dan begitu saja. Dibutuhkan kerja keras, proses jatuh bangun, dan usaha yang terus-menerus untuk bisa sampai ke puncak kesuksesan. 

Sejak masih sekolah, Lini terus melatih olah vokalnya dengan maksimal. Selain itu, ia juga menempa mentalnya sejak dini dengan mengikuti berbagai sayembara dan kompetisi. 

Sebelum akhirnya berhasil masuk Lima Besar Indonesian Idol 2020, tak banyak yang tahu jika ia pernah gagal audisi di Indonesian Idol musim kesembilan. Tak patah arang, Mahalini jatuh dan bangkit lagi melanjutkan upayanya.

Mahalini terus konsisten dan berkomitmen untuk menggapai impiannya hingga sukses seperti sekarang. Dan kini, tak hanya berhasil menuai buah kesuksesannya, ia pun sudah menjelma menjadi sosok inspiratif dan role model bagi anak muda lainnya.

Baca Juga: Pernah Berjualan dan Mengontrak Rumah, Kini Penghasilan Sule Minimal Rp1 Miliar Sebulan

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement