Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Bersaing Mengoleksi Gelar dengan Messi, Alves Siap Bermain Sampai Usia 50

Jumat 16 Sep 2022 19:31 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar

Pemain Barcelona Dani Alves melakukan pemanasan saat sesi latihan di Riyadh, Arab Saudi, Selasa, 11 Januari 2022. Barcelona akan memainkan pertandingan sepak bola semifinal Piala Super Spanyol melawan Real Madrid di stadion King Fahd di Riyadh .

Pemain Barcelona Dani Alves melakukan pemanasan saat sesi latihan di Riyadh, Arab Saudi, Selasa, 11 Januari 2022. Barcelona akan memainkan pertandingan sepak bola semifinal Piala Super Spanyol melawan Real Madrid di stadion King Fahd di Riyadh .

Foto: AP/Hassan Ammar
Dani Alves masih bergairah mentas di lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Dani Alves salah satu pesepak bola berkelas dalam dua dekade terakhir. Ia sudah meraih segalanya di Barcelona.

Selain Barca, ia pernah memperkuat Juventus dan Paris Saint Germain. Kini Alves meninggalkan gemerlap kompetisi Eropa. Ia bermain di liga Meksiko, Club Universidad Nacional atau UNAM. Usia pria Brasil itu telah menyentuh angka 39.

Pertanyaannya, kapan ia akan gantung sepatu? Rupanya yang bersangkutan belum memikirkan hal tersebut. Ia masih bergairah mentas di lapangan.

"Saya tidak suka memikirkan masa depan karena selalu tidak diketahui. Saya membiarkan hidup mengalir. Jika Messi melewati saya (dalam hal jumlah gelar), saya akan bermain sampai saya berusia 50 tahun," kata Alves, dikutip dari givemesport, Jumat (16/5).

Kini Messi mengoleksi 41 gelar. Itu gabungan dari pretasinya di Barcelona, Paris Saint Germain, dan tim nasional Argentina. Alves masih di puncak.

Tapi La Pulga semakin mendekati rekor sahabatnya itu. Menurut livesoccertv.com, Messi hanya tertinggal satu gelar di belakang jugador Selecao tersebut. Artinya, jumlah gelar Alves menyentuh angka 42.

BT Sport dan Bleacher Report menyebut sang bek, sudah mengoleksi 43 trofi. Dalam catatan jurnalis Mirror, Colin Millar, dua keterangan tersebut benar adanya. Menjadi 43, jika trofi Copa di Nordeste milik Alves di Bahia, juga dihitung.  Tepatnya pada 2002 silam.

Kemudian di situs Barcelona, eks Sao Paulo ini disebut telah memiliki 46 trofi. Apa pun itu, sang bek nyaris berusia kepala empat. Ia tak lagi memiliki waktu sebanyak Messi di level tertinggi

Sementara La Pulga berpeluang menambah pundi-pundi trofinya. Kesempatan sang penyerang untuk berada di posisi teratas, terbuka lebar. Ia berada di tim dengan amunisi mumpuni yang ditargetkan untuk memenangkan segalanya.

Setelah keluar dari Barca, Messi menjadi andalan PSG. Pada musim kedua di Les Parisiens, penampilan peraih tujuh Ballon d'Or itu mendekat level idealnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA