Jumat 16 Sep 2022 17:48 WIB

Roger Federer Resmi Pensiun, Messi Kirim Ucapan Perpisahan

Federer adalah seorang jenius, unik dan menjadi contoh banyak dari setiap atlet

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Lionel Messi dari PSG melambai selama pertandingan sepak bola final Piala Super Prancis antara Nantes dan Paris Saint-Germain di Stadion Bloomfield di Tel Aviv, Israel,Ahad, 31 Juli 2022.
Foto: AP/Ariel Schalit
Lionel Messi dari PSG melambai selama pertandingan sepak bola final Piala Super Prancis antara Nantes dan Paris Saint-Germain di Stadion Bloomfield di Tel Aviv, Israel,Ahad, 31 Juli 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Petenis dunia Roger Federer mengumumkan secara resmi untuk gantung raket tenis setelah tampil di Piala Laver 2022 ini. Keputusan tersebut langsung mendapat banyak respon dari bintang lapangan hijau, Lionel Messi.

Messi adalah salah satu dari banyak tokoh olahraga yang memberikan penghormatan kepada Roger Federer. La Pulga, julukan Messi memuji sang petenis sebagai atlet yang jenius sekaligus unik dalam sejarah tenis.

"Seorang jenius, unik dan menjadi contoh banyak dari setiap atlet. Yang terbaik di panggung baru Anda, kami akan merindukan melihat Anda di lapangan membuat kami menikmati permainanmu Roger Federer," tulis Messi dalam akun Instagram pribadinya dikutip Express, Jumat (16/9).

Petenis asal Swiss memutuskan untuk menjauh dari Grand Slam dan turnamen tingkat tur setelah berjuang dengan cedera selama setahun terakhir.

Federer tidak bermain di turnamen besar sejak Wimbledon 2021 lalu, lantaran masalah lutut kanan yang menyebabkan absen selama lebih dari 12 bulan.

Selama 24 tahun menggeluti dunia tenis, Federer sudah melakoni 1.500 pertandingan dan mencatat 1.251 kemenangan. Pun, berhasil mengantongi 103 trofi, termasuk 20 gelar Grand Slam serta enam titel Tour Finals.

Rival Federer yakni Rafael Nadal merupakan salah satu atlet tenis pertama yang mengucapkan perpisahan kepada Federer dengan menyebut keputusannya menjadi hari paling menyedihkan bagi dunia olahraga.

"Roger terkasih, teman dan saingan saya. Saya berharap hari ini tidak akan pernah datang. Ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya secara pribadi dan untuk olahraga di seluruh dunia."

"Suatu kesenangan juga kehormatan dan hak istimewa untuk berbagi selama bertahun-tahun dengan Anda. Begitu banyak momen luar biasa di dalam dan luar lapangan," kata Nadal menjelaskan.

Sementara itu pada ajang Piala Laver 2022 nanti, Federer akan masuk ke dalam tim Eropa. Tim yang berisikan petenis top lainnya seperti Novak Djokovic, Rafael Nadal, Stefanos Tsitsipas, Andy Murray, pun petenis nomor satu terbaru Casper Ruud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement