Jumat 16 Sep 2022 16:34 WIB

Julie Taymor Pimpin Dewan Juri Festival Film Tokyo 2022

Julie Taymor terkenal sebagai sutradara dan penulis asal AS.

Sutradara teater dan sineas asal AS, Julie Taymor. Taymor didapuk menjadi ketua Dewan Juri Festival Film Tokyo 2022.
Foto: EPA/ALBERTO MARTIN
Sutradara teater dan sineas asal AS, Julie Taymor. Taymor didapuk menjadi ketua Dewan Juri Festival Film Tokyo 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara teater dan penulis AS Julie Taymor dipilih menjadi ketua dewan juri Kompetisi Internasional Festival Film Tokyo ke-35. Taymor dikenal lewat karya-karya seperti pentas musikal The Lion King yang terus dipentaskan selama 25 tahun di lebih dari 100 kota di 20 negara, juga film Titus (1999), Frida (2002), Across the Universe (2007), dan The Glorias (2020).

"Sebuah kehormatan datang ke Jepang dan mengetuai Juri Kompetisi Internasional untuk TIFF ke-35," kata Julie Taymor, dalam siaran resmi TIFF, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga

Julie Taymor adalah perempuan kedua yang menjadi ketua dewan juri berturut-turut setelah aktris Isabelle Huppert tahun lalu. Dia bersama anggota dewan juri, yang belum diumumkan namanya, akan menilai 15 film terpilih dari penjuru dunia yang berkompetisi.

Julie Taymor pernah belajar teater boneka tradisional Ningyo Joruri di Jepang yang kemudian diaplikasikan ke dalam karya-karyanya. Ketua Festival Film Tokyo Ando Hiroyasu mengatakan itu membuat Taymor memiliki hubungan yang erat dengan Negeri Sakura.

Julie Taymor juga pernah mengeksplorasi seni ke Jawa dan Bali bersama para seniman Indonesia pada akhir 70-an."Dia juga merupakan penggemar Kurosawa Akira dan jadi orang yang tepat sebagai ketua juri tahun ini, di saat kami menghadirkan lagi Kurosawa Akira Award," kata Ando Hiroyasu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement