Jumat 16 Sep 2022 15:55 WIB

Peluncuran Satelit Pelacak Rudal SpaceX Tertunda Tiga Bulan 

Tertundanya peluncuran satelit SpaceX karena masalah rantai pasokan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dari Pad 39A di Kennedy Space Center, di Port Canaveral, Florida, Selasa malam, 9 Agustus 2022. Roket itu membawa 52 satelit Starlink.
Foto: Craig Bailey/Florida Today via AP
Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dari Pad 39A di Kennedy Space Center, di Port Canaveral, Florida, Selasa malam, 9 Agustus 2022. Roket itu membawa 52 satelit Starlink.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Debut sistem pertahanan rudal Amerika Serikat (AS) yang baru harus menunggu. Peluncuran SpaceX diperkirakan dari bagian pertama dari sistem pelacakan senjata anti-satelit, yang disebut Tranche 0, akan diundur dari akhir September hingga Desember karena masalah rantai pasokan.

Melacak senjata hipersonik seperti yang dikembangkan oleh China dan Rusia adalah prioritas Departemen Pertahanan, tetapi direktur akuisisi Tranche 0 mengatakan kepada wartawan di konferensi Washington, DC bahwa jadwal peluncurannya optimistis. “Ini lebih merupakan pukulan ego bagi kami daripada apapun,” kata Derek Tournear, direktur Badan Pengembangan Luar Angkasa, di Washington Space Business Roundtable, menurut Defense News, dilansir dari Space, Jumat (16/9/2022).  

Baca Juga

Berita itu muncul di tengah berbagai perkembangan terbaru dalam senjata hipersonik Amerika Serikat (AS) (umumnya didefinisikan sebagai senjata terbang dengan kecepatan setidaknya 5 Mach). Pekerjaan militer AS yang baru mencakup uji terbang konsep-konsep senjata pernapasan udara hipersonik dan prototipe-prototipe baru untuk pertahanan senjata hipersonik.  

Selain Tranche 0, AS juga telah meluncurkan enam satelit untuk membentuk konstelasi Space Based Infrared System Geosynchronous Earth Orbit (SBIRS GEO) yang baru.

SDA berencana meluncurkan semua 28 satelit lapisan pertama dari sistem pelacakan rudal dalam waktu sekitar dua pekan. Ini termasuk 20 muatan komunikasi dari Lockheed Martin dan York Space, dan delapan satelit sensor inframerah pelacakan rudal dari SpaceX dan L3 Harris, menurut SpaceNews.

Tournear pada dasarnya menyalahkan masalah rantai pasokan di microchip, mengacu pada masalah pengiriman yang disebabkan oleh COVID-19 yang telah merugikan industri mulai dari konsol game hingga manufaktur mobil. (AS menetralkan hal itu dengan berupaya memproduksi lebih banyak microchip di dalam negeri di bawah Undang-Undang CHIPS, yang baru saja ditandatangani bulan lalu.)

Direktur SDA juga menunjuk penundaan dalam memulai Tranche 0 setelah protes tawaran dari Raytheon dan Airbus, memperebutkan penghargaan untuk L3 Harris dan SpaceX, bersama dengan masalah-masalah pengembangan perangkat lunak. Tapi semuanya kemungkinan akan berada di jalur tanpa masalah-masalah rantai pasokan, katanya.

“Bagian kritis paling dari suatu tugas menyebabkan satelit-satelit itu tergelincir sebenarnya adalah penundaan komponen, terutama yang berasal dari mikroelektronika,” katanya dalam laporan SpaceNews. “Sangat sulit bagi kami untuk mendapatkan mikroelektronika, terutama mikroelektronika yang memenuhi syarat ruang untuk komponen seperti radio.”

Tournear menambahkan tidak ada penundaan yang diperkirakan untuk peluncuran sistem di masa mendatang; Sistem pelacakan rudal SDA sekarang sedang mengembangkan dan memberikan kontrak-kontrak untuk lapisan pelacakan Tranche 1 yang akan diluncurkan sekitar pertengahan dekade ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement