Jumat 16 Sep 2022 15:33 WIB

Anies Siap Jadi Capres, Demokrat Ungkap Kedekatan AHY dengan Sang Gubernur

Demokrat hormati pernyataan kesiapan Anies jadi capres.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden jika ada partai yang mengusung di Pilpres 2024. Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, mengatakan DPP Partai Demokrat menghormati sikap Anies tersebut.

"Kami menghormati sepenuhnya pernyataan kesediaan Mas Anies jika dicalonkan sebaga capres," kata Kamhar saat dikonfirmasi, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga

Ia mengeklaim Partai Demokrat dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki kedekatan historis dengan Anies. Katanya, Partai Demokrat menjadi panggung pertama tampilnya  Anies dipanggung politik formal.

"Dengan Mas AHY pun telah terbangun persahabatan jauh sebelum keduanya hijrah ke medan pengabdian baru bagi bangsa dan negara melalui jalan politik. Mas Anies sebelumnya mengabdi sebagai Akademisi dan Mas AHY sebagai TNI," ucapnya.

Selain itu nama Anies sendiri sebelumnya telah dipresentasikan DPD Partai Demokrat DKI Jakarta untuk bisa berpasangan dengan Mas Ketum AHY.

Partai Demokrat saat ini tengah menggelar Rapimnas membahas persiapan Pilpres 2024. Aspirasi kader Partai Demokrat yang berkembang pada Rapimnas Partai Demokrat meminta agar AHY bisa tampil pada kontastasi Pilpres 2024.

"Baik sebagai Capres atau Cawapres bergantung pada kesepakatan bersama Parpol koalisi. Karenanya ikhtiar membangun koalisi menjadi salah satu agenda utama Partai Demokrat saat ini," ujarnya.

Kamhar menambahkan, Partai Demokrat mengharapkan pasangan yang diusung koalisi menjadi Dwi Tunggal. Selain memiliki kompetensi, keduanya juga diharapkan memiliki elektabilitas yang memadai dan chemistry satu sama lainnya.

"Figur yang diusung mesti merepresentasikan semangat perjuangan perubahan dan perbaikan," ungkapnya.

Sebelumnya Anies menyatakan siap berkontestasi di Pilpres 202 sebagai capres. Hal itu disampaikan Anies dalam wawancaranya dengan Reuters di Singapura.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai capres jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement