Jumat 16 Sep 2022 12:06 WIB

Cegah Kanker Kolon, Dokter Buang Polip di Usus Besar Ryan Reynolds

Ryan Reynolds menjalani kolonoskopi dan mendapati adanya polip di usus besarnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Deadpool, Ryan Reynolds. Dokter menemukan polip di usus besar Reynolds saat melakukan kolonoskopi.
Foto: EPA
Aktor Deadpool, Ryan Reynolds. Dokter menemukan polip di usus besar Reynolds saat melakukan kolonoskopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Ryan Reynolds menjalani operasi pengangkatan polip di usus besarnya untuk mencegah kanker kolon. Polip terdeteksi lewat kolonoskopi.

Kolonoskopi merupakan pemeriksaan endoskopi dengan bantuan alat yang bisa menampilkan kondisi visual usus besar dan rektum. Reynolds bersedia sengaja menjalani kolonoskopi sebagai bagian dari skrining yang dianjurkan bagi orang yang sudah mencapai usia 45 tahun.

Baca Juga

Reynolds menjalani prosedur tersebut bersama temannya aktor-produser asal AS, Rob McElhenney (45 tahun), di depan kamera dalam video siaran Youtube terbaru untuk meningkatkan kesadaran akan kanker kolon. Aktor Deadpool itu mengatakan dia hanya mau untuk menyiarkan prosedur itu secara terbuka jika Rob belajar aksen Welsh.

"Ini adalah langkah sederhana yang secara harfiah, dan maksud saya secara harfiah, menyelamatkan hidup Anda," kata aktor berusia 45 tahun itu, dilansir Ace Showbiz, Kamis (15/9).

Setelah pemeriksaan melalui dubur selama 30 menit, Reynolds diberi tahu oleh dokternya bahwa ada polip kecil di saluran cernanya. Petugas medis mengatakan kepada aktor itu bahwa mengangkat polip berpotensi menyelamatkan jiwanya.

"Ini berpotensi menyelamatkan nyawa Anda, saya tidak bercanda, saya tidak terlalu dramatis. Inilah mengapa Anda menjalani kolonoskopi. Anda tidak memiliki gejala," ujar dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement