Jumat 16 Sep 2022 06:41 WIB

Cara Potong Alpukat Agar Dapat Nutrisi Lebih Banyak

California Avocado Commission merekomendasikan cara tepat potong alpukat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Alpukat, salah satu sumber lemak baik. Untuk mendapatkan nutrisi alpukat yang lebih banyak, potong dengan cara yang tepat.
Foto: flickr
Alpukat, salah satu sumber lemak baik. Untuk mendapatkan nutrisi alpukat yang lebih banyak, potong dengan cara yang tepat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang boleh jadi punya cara berbeda saat memotong alpukat. Namun, rupanya hanya ada satu cara untuk melakukannya dengan tepat untuk mendapatkan manfaat nutrisi paling banyak.

Alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan berkat kandungan tinggi vitamin E dan kaya serat. Buah ini juga tinggi lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah

Baca Juga

Di samping itu, alpukat juga mengandung karotenoid yang sangat baik untuk kesehatan mata, yakni lutein dan zeaxanthin. Melalui kanal Youtube-nya NutritionFacts.org, dr Michael Greger dari American College of Lifestyle Medicine mengungkap cara lebih tepat untuk mengiris alpukat.

Lutein dan zeaxanthin menyaring cahaya biru yang berbahaya sehingga membantu menjaga kesehatan mata seiring bertambahnya usia. Tetapi untuk mendapatkan manfaat kesehatan mata yang luar biasa ini, seseorang harus makan alpukat dengan cara tertentu.

Dr Michael mengungkapkan bahwa karotenoid kritis terkonsentrasi di daging hijau tua yang dekat dengan kulit alpukat. Ia merujuk sebuah studi oleh Kalandar Ameer dengan judul "Alpukat Sebagai Sumber Diet Utama Antioksidan dan Peran Pencegahannya dalam Penyakit Neurodegeneratif".

"Karena itu, pecinta alpukat disarankan untuk menggunakan metode "memotong alpukat menjadi beberapa bagian dan mengupas kulitnya" seperti yang direkomendasikan oleh California Avocado Commission," kata dr Michael, dikutip dari laman Express.co.uk, Kamis (15/9/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement