Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rahmatullah

CSR dan Kemandirian Ekonomi

Lomba | Thursday, 15 Sep 2022, 14:15 WIB
Rahmatullah.id

CSR (Corporate Social Responsibility) secara umum tidak saja dimaknai sebagai suatu aktivitas sukarela perusahaan. Akan tetapi, suatu pandangan baru yang mengarah pada bentuk komitmen suatu perusahaan dalam melakukan tanggung jawab atau feed back pada masyarakat, lingkungan serta kemandirian ekonomi masyarakat.

Dalam perjalanan awalnnya, CSR memang masih dianggap sebagai sebuah tanggung jawab sosial yang dilakukan secara primitif, oleh karena belum adanya standarisasi pedoman dalam pelaksanaannya dan ini menjadi kendala utama dalam kesepemahaman konsep.

Dengan demikian, pada tahun 2004 sebuah organisasi standarisasi mutu Internasional (ISO) berinisiatif untuk membentuk working group yang akhirnya melahirkan panduan dan standarisasi pelaksanaan tanggung jawab perusahaan dalam bentuk ISO:26000.

Dalam dokumen tersebut dikatakan, social responsibility merupakan titik penting dalam kelanjutan sebuah organisasi. Didalamnya juga memuat beberapa isu pokok seperti: pengembangan masyarakat, konsumen, praktik kegiatan institusi yang sehat, lingkungan, dan organizational governance.

CSR Merupakan Komponen Penting bagi Perusahaan Besar maupun UMKM

Dalam menjalankan bisnis atau usaha, tentu setiap perusahaan besar maupun UMKM memiliki kendala atau hambatan untuk mencapai titik optimum. Hal ini bisa disebabkan oleh konflik kepentingan disekitar tempat usaha. Konflik kepentingan ini dapat berupa hilangnya hak akses masyarakat terhadap sumber daya lingkungannya, dampak sosial ekonomi dari operasional perusahaan terhadap lingkungan, dsb.

Dengan demikian, agar perusahaan dapat berkelanjutan dalam usahanya maka butuh yang namanya suasana lingkungan yang kondusif agar bisa lebih produktif dalam melakukan kegiatan usaha.

Perusahaan besar umumnya menerapkan CSR cukup beragam, baik dalam dunia usaha untuk membantu usaha yang bersakal kecil hingga memberikan beasiswa bagi masyarakat sekitar untuk melanjutkan pendidikan.

Namun, tidak harus menunggu besar agar dapat memberikan CSR. Usaha berskala kecil ataupun menengah (UMKM) juga bisa menyalurkan dana perusahaannya untuk pengembangan masyarakat disekitar usahanya, bisa berupa dana sosial ataupun sedekah yang telah dialokasikan.

Kemandirian Ekonomi Masyarakat

Dalam melakukan pemberdayaan masyarakat melalui CSR, tentu yang diharapkan adalah kemandirian ekonomi masyarakat sebagaimana tujuan agenda global dalam pembangunan berkelanjutan.

Kita bisa melihat pada PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) yang telah membuktikannya dengan menerapkan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) dalam CSR-nya. Mereka berhasil menciptakan pertumbuhan usaha yang berkualitas hingga mampu membangun kemandirian ekonomi masyarakat disekitarnya.

Memiliki program pelatihan yang telah dijalankan beberapa tahun membuat PKT berhasil mencapai exit program. Diantara programnya adalah: pengelolaan dan reduksi limbah, pengelolaan keanekaragaman hayati, hingga pengelolaan emisi.

Bahkan, menurut survey kepuasan lingkungan pada tahun 2021 program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PKT dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat hingga engagment perusahaannya dengan stakeholder mencapai nilai 89,62 persen.

Dengan demikian, CSR tidak hanya sebuah tanggung jawab sosial dari sebuah perusahaan melainkan upaya ataupun komitmen dari sebuah perusahaan untuk menciptakan kemandirian ekonomi agar masyarakat dapat mengambil manfaat dari hadirnya perusahaan tersebut diwilayah mereka. Pada akhirnya, rakyat ikut sejahtera sebagaimana tujuan dari agenda global dalam pembangunan berkelanjutan.

Referensi

Jurnal

Pranoto, A.R., Yusuf, D. (2014) Program CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Pasca Tambang di Desa Sarijaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 18

Sumardjo, Firmansyah, A., Dharmawan, L., & Wulandari, Y. P. (2014). IMPLEMENTASI CSR MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT: Inovasi Pemberdayaan Masyarakat PT. Pertamina EP. Asset 3 Subang Field. Bogor: CARE IPB

Situs Web

Corporate Social Responsibility
https://ukmindonesia.id/baca-artikel/369

Terapkan Prinsip ESG dalam CSR, PKT Bangun Kemandirian Ekonomi
https://www.republika.co.id/berita/rad58w349/terapkan-prinsip-esg-dalam-csr-pkt-bangun-kemandirian-ekonomi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image