Kamis 15 Sep 2022 15:04 WIB

Sambut Maba, UNM Hadirkan Dua Orang Coach pada SERASI 2022

Kegiatan SERASI yang terbagi kedalam dua sesi ini menarik antusias maba.

 Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyambut mahasiswa baru (maba) dengan kegiatan Serasi (Seminar Motivasi), yang bisa memberi suntikkan semangat bagi mereka.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyambut mahasiswa baru (maba) dengan kegiatan Serasi (Seminar Motivasi), yang bisa memberi suntikkan semangat bagi mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) menyambut mahasiswa baru (maba) dengan kegiatan Serasi (Seminar Motivasi), yang bisa memberi suntikkan semangat bagi mereka. Kegiatan SERASI tahun ini digelar kembali secara daring, di Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda, Jalan Margonda Raya No 545, Pondok Cina, Margonda, Depok, pada Sabtu (10/9/2022), setelah 2 tahun lamanya selama pandemi, berlangsung secara online.

 

Baca Juga

Kegiatan ini juga ditayangkan secara langsung (live) di kanal YouTube Nusa Mandiri. SERASI sendiri menjadi acara untuk untuk berbagi inspirasi dari para narasumber dengan tujuan agar mampu memupuk semangat mahasiswa baru UNM dalam kegiatan perkuliahannya nanti.

Dalam kegiatan ini, menghadirkan dua narasumber keren yang tentunya juga menginspirasi. Mereka adalah Ripan Karlianto seorang Milenial Coach dan Bagas Ardian Rizki sebagai Professional Public Speaker dan Personal Branding Coach.

Dalam pemaparan pertama, Ripan Karlianto mengajak mahasiswa baru untuk fokus dengan hal yang dimiliki. "Fokus dengan apa yang kita miliki. Untuk mengatasi masalah hilang fokus, bisa dengan cara lakukan hal yang kita sukai, asalkan tau batasan," ujar Ripan, seperti dalam siaran pers.

Sementara itu, ia juga mengungkapkan jika perkuliahan yang mahasiswa lewati akan memberi dampak yang besar. Selain mendapat kompetensi dan relasi, nantinya mahasiswa akan mendapat pola pikir baru yang mungkin tidak bisa didapatkan di sekolah.

"Dengan berkuliah kita belajar untuk berpikir secara sistematis. Misalnya dalam menyusun proposal atau makalah atau laporan tentu butuh pemikiran sistematis, mulai dari latar belakang hingga penutup. Ini juga nantinya akan bermanfaat saat sudah lulus, segala sesuatu yang dikerjakan akan sistematis dan teratur," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bagas Ardian Rizki juga menuturkan jika mahasiswa ini tidak hanya mendapat banyak manfaat. Akan tetapi, ada juga tanggung jawab yang besar.

"Menjadi mahasiswa bukan hanya menjadi tanggung jawab kita sebagai insan pribadi, tetapi juga ada tanggung jawab sosial, masyarakat, dan yang paling tinggi terhadap bangsa dan negara," tutur Bagas.

Tentunya dengan tanggung jawab yang besar dan banyaknya manfaat yang diterima, akan banyak juga tantangan dalam menempuh masa perkuliahannya. Bagas berbagi tips untuk mengatasi rasa jenuh ketika sedang belajar.

"Jika apa yang dipelajari merupakan passion atau suatu hal yang disukai, pasti tidak akan bosan. Namun jika tidak sepenuhnya disukai, dalam arti hanya separuh dari passion dan mungkin bukan bagian dari passion, maka anggaplah itu sebagai tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Ketika sudah terjun, maka kita bisa coba untuk mencintainya sambil jalan. Jika jenuh, bisa diselingi dengan hal-hal yang kalian sukai tanpa harus meninggalkan tanggung jawabnya," pungkasnya.

Kegiatan SERASI yang terbagi kedalam dua sesi ini menarik antusias maba. Tentunya ini sebuah konsep yang bagus selama masa pengenalan kampus dan penyambutan maba. Bukannya tertekan dan terbebani, maba malah mendapat inspirasi, semangat, dan motivasi baru dalam belajar.

Selain SERASI, UNM, sebagai “Kampus Digital Bisnis”, juga hadirkan rangkaian kegiatan SINEMA (Seminar Generasi Mandiri) dari semua bagian atau lembaga yang ada di Universitas Nusa Mandiri (UNM).

Juga turut hadir juga beberapa kegiatan hiburan dari BEM, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), serta dari kakak tingkat yang bertalenta dan berprestasi lainnya. Ini juga menjadi ajang untuk BEM, UKM dan HIMA untuk mengajak maba agar bergabung dan melaksanakan beragam aktivitas positif selama masa perkuliahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement