Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Busan International Film Festival akan Tampilkan 243 Film dari 71 Negara

Kamis 15 Sep 2022 14:41 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Busan International Film Festival (BIFF) tahun ini siap menghibur penggemar film lokal dan luar negeri dengan sejumlah penayangan perdana dunia yang sangat dinanti-nantikan.

Busan International Film Festival (BIFF) tahun ini siap menghibur penggemar film lokal dan luar negeri dengan sejumlah penayangan perdana dunia yang sangat dinanti-nantikan.

Foto: Kpopstarz
Sebanyak 89 film akan berada di BIFF di pemutaran perdana dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Busan International Film Festival (BIFF) tahun ini siap menghibur penggemar film lokal dan luar negeri dengan sejumlah penayangan perdana dunia yang sangat dinanti-nantikan. Festival film terbesar di Asia edisi ke-27 akan berlangsung dari 5-14 Oktober 2022 di kota pelabuhan selatan Busan, 390 km tenggara Seoul, yang menampilkan 243 film dari 71 negara.

Di antara undangan, 89 film akan berada di BIFF untuk pemutaran perdana dunia dan 13 film akan melakukan pemutaran perdana internasional, yang berarti pemutaran perdana di luar Korea Selatan. Dilansir Yonhap News pada Kamis (15/9/2022), karya-karya baru para pembuat film terkemuka dunia menjadi sorotan dalam seleksi BIFF.

Baca Juga

Seorang sutradara dan penulis skenario film Prancis, Alain Guiraudie akan berpartisipasi dalam bagian Presentasi Gala dengan proyek terbarunya Nobody's Here, yang ditayangkan di festival Berlin pada awal tahun ini. Film ini menceritakan kisah tentang hubungan cinta yang kompleks di antara orang-orang muda dalam menghadapi serangan teroris di kota Clermont-Ferrand.

Kelanjutan film Martin Eden (2019) karya sutradara Pietro Marcello, Scarlet adalah undangan Presentasi Gala lainnya. Tayang perdana di Festival Film Cannes 2022, film ini berkisah tentang kasih sayang seorang ayah kepada putrinya.

Komedi terbaru sutradara pemenang Oscar. Alejandro Gonzalez Inarritu Bardo (atau False Chronicle of a Handful of Truths) akan diputar di bagian Ikon BIFF. Film ini mengikuti kisah seorang jurnalis terkenal Meksiko dan pembuat film dokumenter yang kembali ke rumah dan bekerja melalui krisis eksistensial saat dia bergulat dengan identitasnya, hubungan keluarga, dan kebodohan ingatannya.

White Noise adalah film komedi hitam apokaliptik yang ditulis dan disutradarai oleh pembuat film nominasi Oscar, Noah Baumbach, yang membuka festival film Venesia pada tahun ini. Dibintangi oleh Adam Driver dan Greta Gerwig, film ini berpusat pada kehidupan seorang profesor perguruan tinggi, yang telah membuat namanya terkenal di dunia akademis dengan merintis bidang studi Hitler, sebelum limbah beracun di udara mengambil alih kota universitas fiksinya.

BIFF juga akan menghadirkan film-film yang menjadi pusat sorotan di seluruh dunia. Petualangan komedi Amerika Everything Everywhere All at Once, salah satu hits terbesar di Amerika Serikat pada musim semi ini akan memiliki pemutaran perdana Korea di Busan. Dibintangi oleh Michelle Yeoh, film ini berpusat pada seorang imigran Tiongkok yang menemukan bahwa dia harus terhubung dengan versi alam semesta paralel dari dirinya untuk mencegah kehancuran yang dahsyat.

Film dokumenter Prologos adalah karya anumerta oleh Mantas Kvedaravicius, yang terbunuh selama pembuatan film di Ukraina dalam serangan Rusia. Film thriller aksi India Vikram, film terlaris pada  2022 di negara itu, dan box-office Jepang Kingdom 2: Far and Away juga termasuk di antara jajaran BIFF.

Selain itu, BIFF menawarkan kepada pengunjung kesempatan langka untuk melihat serial televisi streaming di layar lebar sebelum dirilis di platform streaming global. Serial Netflix baru berbahasa Korea "Glitch” akan ditampilkan di bagian On Screen. Serial ini tentang seorang wanita muda yang mencoba melacak pacarnya yang hilang dengan bantuan klub pengamat UFO.

Tving, platform streaming Korea terkemuka, akan menampilkan dua seri aslinya di Busan "Yonder" dan "Bargain." "Yonder" adalah drama fiksi ilmiah yang disutradarai oleh pembuat film terkenal Lee Joon-ik, berkisah tentang seorang pria yang menerima pesan dari mendiang istrinya yang mengundangnya ke ruang misterius bernama Yonder.

"Bargain", sebuah adaptasi serial TV dari film pendek berjudul sama oleh Lee Chung-hyeon, yang menampilkan perjuangan putus asa sekelompok orang terisolasi dari dunia luar setelah gempa bumi besar.

Proyek berbahasa Korea pertama pembuat film Jepang Takashi Miike, "Connect," yaitu sebuah Disney+ original, juga akan ditampilkan di bagian On Screen. Dibintangi oleh Jung Hae-in, film thriller misteri baru ini berkisah tentang seorang pria yang bagian tubuhnya dicuri oleh pemburu organ.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA