Kamis 15 Sep 2022 01:20 WIB

8 Jenis Kanker Paling Mematikan Hasil Studi di Inggris

WHO menyebut ada 3 jenis kanker yang paling banyak membunuh orang pada 2020

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nur Aini
Kanker (ilustrasi) Di Inggris, sekitar 167 ribu kematian terjadi akibat kanker setiap tahun. Artinya, 460 orang meninggal karena kanker setiap hari.
Foto: PxHere
Kanker (ilustrasi) Di Inggris, sekitar 167 ribu kematian terjadi akibat kanker setiap tahun. Artinya, 460 orang meninggal karena kanker setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Di Inggris, sekitar 167 ribu kematian terjadi akibat kanker setiap tahun. Artinya, 460 orang meninggal karena kanker setiap hari. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan tiga kanker yang paling banyak membunuh orang di seluruh dunia pada tahun 2020 adalah kanker paru-paru, kolorektal, dan hati. Namun, kanker-kanker itu belum tentu yang paling mematikan.

Ketiga kanker itu cukup umum terjadi sehingga peluang membunuh lebih besar. Tenggat waktu kanker diukur dengan seberapa besar kemungkinan seseorang untuk bertahan hidup dari efek kanker yang diberikan selama lima tahun setelah didiagnosis. Berikut daftar delapan kanker yang paling mematikan, seperti dikutip The Sun, Rabu (14/9/2022):

Baca Juga

1. Kanker pankreas (tingkat kesembuhan 11,5 persen)

Kanker pankreas adalah jenis kanker paling umum ke-11 di Inggris dan paling mematikan dan bisa membunuh sekitar 9.600 orang Inggris setiap tahun. Penyakit ini memengaruhi kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan, pankreas yang terletak di belakang perut dan di bawah hati.

Kanker pankreas cenderung terlambat didiagnosis. Hanya delapan dari 100 orang yang dapat menjalani operasi untuk mengangkat pankreas mereka.

2. Mesothelioma (tingkat kesembuhan 12 persen)

Lebih dari 2.600 orang Inggris didiagnosis dengan mesothelioma setiap tahun. Ini adalah bentuk kanker yang langka dan agresif yang belum ada obatnya. Menurut Cancer Research UK, mesothelioma dapat membunuh sekitar 2.400 orang di Inggris, lebih dari enam setiap hari. Mesothelioma adalah jenis kanker yang berkembang di lapisan yang menutupi permukaan luar dari beberapa organ tubuh, seperti paru-paru, perut, jantung atau testis.

3. Kanker kandung empedu (tingkat kesembuhan 19,4 persen)

Ini adalah kanker yang cukup langka yang ditemukan di kantong empedu. Ada sekitar 1.100 kasus kanker kandung empedu baru di Inggris setiap tahun. Sekitar 650 orang di Inggris meninggal karena kanker tersebut setiap tahun. Kantung empedu adalah organ kecil di bagian atas perut yang membantu mencerna makanan.

4. Kanker esofagus (tingkat kesembuhan 20,6 persen)

Kanker esofagus terkadang dikenal sebagai kanker tenggorokan. Setiap tahun, ada 9.200 orang yang didiagnosis mengidap kanker esofagus yang menjadikannya bentuk kanker paling umum ke-14 di Inggris. Kanker ini cukup mematikan karena dapat membunuh sekitar 7.900 orang Inggris setiap tahun dan 22 orang setiap hari.

5.Kanker hati (tingkat kesembuhan 20,8 persen)

Kanker hati adalah salah satu bentuk kanker yang paling umum di dunia. Sekitar 6.100 jumlah orang di Inggris didiagnosis dengan insiden yang meningkat seiring bertambahnya usia. Sekitar 5.800 orang meninggal karena kanker hati di Inggris setiap tahun yang berarti 16 orang setiap hari. Hampir setengah dari kasus dapat dicegah. Penyebab utama kanker hati adalah obesitas (23 persen), merokok (20 persen), dan minum alkohol (tujuh persen).

6. Kanker paru-paru (tingkat kesembuhan 22,9 persen)

Kanker paru-paru adalah kanker paling umum ke-3 di Inggris, terhitung 13 persen dari semua kasus kanker baru. Sayangnya, ada 34.800 kematian akibat kanker paru-paru di Inggris setiap tahun karena kurang dari setengah dari mereka yang didiagnosis dengan penyakit ini akan bertahan hidup.

7. Kanker otak (tingkat kesembuhan 32,5 persen)

Lebih dari 11 ribu orang didiagnosis dengan tumor otak primer di Inggris setiap tahun dan sekitar setengahnya adalah kanker. Tumor otak primer adalah tumor yang dimulai di otak. Banyak orang yang didiagnosis dengan tumor otak sekunder yang berarti kanker telah tumbuh ke otak dari tempat lain. Ada sekitar 5.500 kematian akibat tumor otak setiap tahun di Inggris.

8. Leukemia mieloid akut (tingkat kesembuhan 30,5 persen)

Leukemia adalah jenis kanker darah yang menyerang sel-sel di sumsum tulang dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Ada beberapa jenis leukemia dengan leukemia myeloid akut yang paling mematikan. Ini terutama memengaruhi orang tua dan bisa datang dengan sangat cepat. Sekitar 3.100 orang didiagnosis dengan penyakit ini setiap tahun di Inggris dan ini adalah kanker mematikan yang membunuh hampir 2.700 orang Inggris setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement