Rabu 14 Sep 2022 19:30 WIB

Kalsel Perkuat Jaringan Internet di Arena MTQ Nasional

Pembukaan MTQ Nasional rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Suasana lomba MTQ (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supri/c
Suasana lomba MTQ (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memperkuat jaringan internet di semua arena Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 yang digelar pada 10-19 Oktober 2022. "Saat ini sudah mulai kita mantapkan jaringan internet di semua arena MTQ nasional," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel HM Muslim di Banjarmasin, Selasa (14/9/2022).

Khususnya di tiga arena utama, salah satunya di Kiram Park, Kabupaten Banjar, yang menjadi tempat pembukaan MTQ Nasional yang rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga

Menurut dia, dibangun jaringan baru guna memperkuat daya internetdi daerah wisata alam pegunungan Kiram Park agar tidak mengalami kendala selama penyelenggaraan perlombaan membaca Al Quran tersebut.

"Jadi untuk penguatan jaringan internet di sana ditambah jaringan kabel fiber optik menyambung ke menara telekomunikasi di daerah objek wisata Tahura, memang jaraknya cukup jauh, tapi itu salah satu caranya," kata Muslim.

Menurut Muslim, pihaknya sudah berkoordinasi dengan perusahaan layanan telekomunikasi untuk memperkuat jaringannya dilokasi MTQ untuk mendukung kegiatan akbar tersebut.

"DI lokasi MTQ akan ada siaran langsung, untuk kebutuhan media massa dan lainnya, jaringan internet, harus sangat kuat," kata Muslim.

Dia optimis, kegiatan tersebut akan berjalan sesuai dengan rencana, salah satunya dengan kelancaran informasi secara luas ke masyarakat terkait penyelenggaraan ajang bersejarah bagi provinsi itu.

Terlebih lagi saat ini Kalsel kembali menjadi tuan rumah setelah 50 tahun lalu untuk pertama kalinya menjadi penyelenggaraMTQ Nasional pada tahun 1970.

Agar penyelenggaraan MTQtersampaikan kepada masyarakat secara luas, pihaknya menggandeng toko nasional, artis dan lainnya, termasuk pemberitaan intensif melalui media massa.

Untuk diketahui, lokasi perlombaan MTQ Nasional ke-29 tersebar di tiga daerah, yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Lokasi utama berada di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement