Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Presiden Turki akan Bertolak ke Uzbekistan Hadiri KTT SCO

Rabu 14 Sep 2022 22:35 WIB

Red: Esthi Maharani

Erdogan pada Jumat (16/9/2022) akan menghadiri KTT tahunan Kepala Dewan Negara Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), yang akan diadakan di kota tenggara Samarkand.

Erdogan pada Jumat (16/9/2022) akan menghadiri KTT tahunan Kepala Dewan Negara Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), yang akan diadakan di kota tenggara Samarkand.

Erdogan akan menghadiri KTT Organisasi Kerjasama Shanghai di Samarkand

REPUBLIKA.CO.ID., SAMARKAND -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis (15/9/2022) akan melakukan kunjungan selama dua hari ke Uzbekistan untuk menghadiri pertemuan puncak regional dan bertemu dengan para pemimpin dunia.

Erdogan pada Jumat (16/9/2022) akan menghadiri KTT tahunan Kepala Dewan Negara Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO), yang akan diadakan di kota tenggara Samarkand. Pemimpin Turki akan berpidato di sesi kedua KTT, dan mengikuti sesi foto bersama.

Didirikan pada 2001, organisasi beranggotakan delapan negara ini bertujuan untuk memperkuat persahabatan, hubungan bertetangga yang baik, dan rasa saling percaya di antara negara-negara anggota. Turki diangkat menjadi salah satu dari enam "mitra dialog" pada 2012.

Di sela-sela KTT, Erdogan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan para pemimpin yang menghadiri KTT, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping.

Kesepakatan ekspor gandum yang ditandatangani oleh PBB, Turki, Rusia, dan Ukraina akan menjadi agenda pembicaraan selama pertemuan antara Erdogan dan Putin.

Sebelumnya, Erdogan mengatakan Turki ingin pengiriman biji-bijian dari Rusia juga segera dimulai, seperti yang dilakukan oleh Ukraina dari pelabuhannya berdasarkan kesepakatan bersejarah di Istanbul. Selama kunjungannya ke Samarkand, Erdogan pada Kamis akan menghadiri acara penanaman bibit pohon, dan mengamati area kota yang baru dibangun.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/presiden-turki-akan-bertolak-ke-uzbekistan-hadiri-ktt-regional-sco/2684857
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA