Rabu 14 Sep 2022 16:25 WIB

Van Dijk Sesalkan Kegagalan Sumbang Gol untuk Liverpool di Laga Kontra Ajax

Virgil van Dijk setidaknya mendapatkan dua peluang besar untuk bisa menyumbang gol.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain belakang Liverpool, Virgil van Dijk.
Foto: AP/Alberto Saiz
Pemain belakang Liverpool, Virgil van Dijk.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Virgil van Dijk setidaknya mendapatkan dua peluang besar untuk bisa menyumbang gol saat Liverpool menjamu Ajax Amsterdam pada laga kedua penyisihan Grup A Liga Champions, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB. The Reds akhirnya menutup laga di Stadion Anfield itu dengan kemenangan, 2-1.

Gol kemenangan Liverpool dicetak Joel Matip saat laga telah menginjak menit ke-89. Matip berhasil menyambar bola hasil sepak pojok, yang dilepaskan Kostas Tsimikas. Gol ini sekaligus menyudahi perlawanan Ajax, yang mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-27 usai sempat tertinggal via gol dari Mohamed Salah pada menit ke-17.

Baca Juga

Terlepas dari keberhasilan membawa Liverpool membungkam De Godenzonen, Van Dijk mengaku cukup kecewa dengan kegagalannya menyumbang gol di laga tersebut. Bek tengah asal Belanda itu diketahui sempat mendapatkan dua peluang emas, tepatnya pada menit ke-34 dan menit ke-43.

Secara keseluruhan, Van Dijk tercatat melepaskan empat upaya mencetak gol di sepanjang laga itu, termasuk dua tepat mengarah ke gawang. Dalam dua kesempatan tersebut, Van Dijk mampu menanduk bola hasil umpan lambung dan sepak pojok. Namun, dua peluang pemain yang mulai bergabung bersama Liverpool sejak 2018 itu mampu dimentahkan oleh kiper Ajax Amsterdam, Remko Pasveer.

''Seharusnya, saya bisa mencetak gol di pertandingan itu. Kami merasa cukup berbahaya dari eksekusi bola mati, terutama sepak pojok. Itu sudah menjadi tanggung jawab kami untuk memanfaatkannya. Beruntung, Joel (Matip) bisa memanfaatkan kesempatan itu,'' ujar Van Dijk seperti dilansir Sports Keeda, Rabu (14/9/2022).

Kemenangan atas juara bertahan Liga Belanda itu mengantarkan the Reds kembali ke jalur kemenangan. Di dua laga terakhir, tim besutan Juergen Klopp itu gagal memetik kemenangan, termasuk saat dibekuk Napoli, 1-4, di laga pembuka penyisihan Grup A Liga Champions, dua pekan lalu.

Van Dijk pun menyebut, kemenangan ini menjadi respons terbaik yang bisa diberikan rekan-rekan setimnya usai berbagai kritik buntut kegagalan meraih kemenangan di dua laga terakhir, terutama saat dibungkam I Partenopei.

''Setelah penampilan mengecewakan di Naples, ini menjadi reaksi yang positif. Tidak mudah meraih kemenangan di laga ini. Namun, ini menjadi langkah yang tepat menuju arah yang benar,'' kata pemain berusia 31 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement