Rabu 14 Sep 2022 15:56 WIB

Enam Superhero Avengers yang 'Berubah' Menjadi Penjahat

Beberapa Avengers berubah menjadi jahat di luar kehendak mereka.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Enam superhero Avengers yang 'berubah' menjadi jahat, salah satunya Zombie Avengers. (ilustrasi)
Foto: Disney/Marvel
Enam superhero Avengers yang 'berubah' menjadi jahat, salah satunya Zombie Avengers. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kebanyakan superhero atau pahlawan super memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang benar dan salah dan tahu apa yang harus mereka lakukan agar tidak melewati batas. Namun, mengingat berapa banyak bahaya yang mereka hadapi, itu tidak selalu berakhir dengan baik bagi mereka.

Beberapa Avengers berubah menjadi jahat di luar kehendak mereka, biasanya karena pengaruh eksternal. Apa pun penyebabnya, hasil akhirnya biasanya sama, mereka mulai membunuh orang lain, kadang-kadang bahkan mereka yang pernah mereka anggap teman dan sekutu. Melansir dari Gamerant, Rabu (14/9/2022), berikut enam Avengers yang yang berubah menjadi jahat:

Baca Juga

1. Zombie Avengers

photo
Zombie Avengers. - (Disney/Marvel)

 

 

Bahkan para pahlawan yang paling mulia dan aling berani pun tidak dapat mengendalikan dorongan gelap mereka ketika mereka terinfeksi dan berubah menjadi zombie di serial "Marvel Zombies". Avengers tidak lagi fokus melindungi dunia, dan sebaliknya memakan semua orang yang tersisa. Karena tidak ada cukup makanan, mereka juga saling bentrok dan memperebutkan sumber makanan yang tersisa.

Sulit untuk menentukan siapa yang terburuk dari mereka semua, tetapi, misalnya, Hank Pym menonjol saat dia menangkap T'Challa dan kemudian membuatnya tetap hidup di ruang bawah tanah sambil terus memakan potongan tubuhnya.

2. Scarlet Witch

photo
Scarlet Witch. - (Dok Marvel Studios)

 

Wanda Maximoff memiliki kehidupan yang sulit. Terlahir sebagai putri antihero Magneto yang terkenal, penampilan buku komik pertamanya menandainya sebagai penjahat. Namun, seperti Black Widow atau Hawkeye, Scarlet Witch tidak selamanya menjadi penjahat. Dia berpisah dengan Brotherhood of Mutants dan bergabung dengan Avengers sebagai gantinya.

Namun, busur transformasinya tidak berakhir di situ. Setelah dia kehilangan anak-anaknya, Wanda menyerang Avengers lainnya karena dia menyalahkan mereka atas kematian putranya. Akibatnya, dia membunuh Hawkeye, Scott Lang, dan Vision.

Tindakan jahat lain yang dilakukan Wanda dalam komik adalah ketika dia menghapus kekuatan sekitar 90 persen mutan. Era jahat Wanda telah berhasil masuk ke MCU juga, pertama ketika dia awalnya bertarung bersama Ultron dan kemudian ketika dia mengambil alih warga Westview dan kemudian mencoba membunuh America Chavez serta Doctor Strange di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

3. Hulk

photo
Karakter Hulk. - (Marvel/Disney)

 

Sama seperti beberapa pahlawan super, Bruce Banner tidak berubah menjadi jahat di jalan cerita utama. Sebaliknya, itu terjadi di masa depan yang mungkin dalam alur cerita "Future Imperfect". Setelah selamat dari beberapa perang nuklir, Hulk menjadi lebih kuat berkat menyerap kekuatan ledakan nuklir.

Namun, itu berdampak negatif pada kesehatan mentalnya, dan dia menjadi sangat berbahaya. Dan karena sebagian besar pahlawan super lainnya mati di masa depan pasca-apokaliptik ini, tampaknya tidak ada lagi yang bisa menghentikan Hulk, yang sekarang dikenal sebagai Maestro, untuk melakukan apa yang diinginkannya.

4. Daredevil

photo
Daredevil. - (Marvel)

 

Meskipun dia belum bergabung dengan Avengers di Marvel Cinematic Universe (MCU), Daredevil bekerja bersama tim beberapa kali di komik. Mempertimbangkan betapa sulit hidupnya dan berapa banyak yang telah hilang darinya, keputusannya untuk membantu dunia bahkan lebih mengagumkan dalam konteks ini. Namun Daredevil memiliki momen lemahnya ketika dia berubah menjadi jahat.

Itu terjadi karena iblis yang merasukinya. Awalnya, bahkan Daredevil yang kesurupan terus melawan kejahatan di kotanya, sesuatu yang telah dia lakukan sejak lama. Tapi dia memilih cara yang lebih drastis untuk memerangi kejahatan, mulai membunuh orang, dan akhirnya berbalik melawan teman-temannya juga dalam alur cerita buku komik Shadowland.

5. Captain America

photo
Captain America. - (Marvel/Disney)

 

Transformasi Steve Rogers adalah titik kontroversi utama dalam komik, ketika ia ternyata menjadi agen rahasia Hydra dengan mengatakan "Hail Hydra" dalam komik. Penggemar Captain America tidak bisa mengerti bagaimana dia bisa dengan rela berubah sisi seperti ini karena dia menghabiskan seluruh hidupnya bertarung melawan Hydra dan pemimpinnya, Red Skull. Jawabannya adalah dia tidak melakukannya dengan sukarela.

Sebagai gantinya, Hydra menggunakan Cosmic Cube yang bermanifestasi sebagai seorang gadis muda bernama Kobik, dan membujuknya untuk menulis ulang sejarah Steve Rogers, menjadikannya pelayan Hydra sejak awal. Jadi meskipun Rogers memiliki rencana rahasianya sendiri dan ingin menyingkirkan Red Skull, itu bukan karena itu akan membantu Avengers tetapi karena dia ingin mengendalikan Hydra untuk dirinya sendiri. Steve Rogers yang heroik akhirnya muncul kembali, tetapi versi jahatnya juga bertahan, untuk saat ini.

6. Bucky Barnes

photo
Bucky Barnes. - (Disney/Marvel)

 

Meskipun dia tidak pernah secara terbuka dinyatakan sebagai bagian dari Avengers dalam film MCU, Bucky Barnes adalah anggota tim dalam komik dan bahkan mengambil jubah Captain America untuk beberapa waktu setelah kematian Steve Rogers. Tentu saja, dia adalah salah satu pengecualian karena dia berubah menjadi jahat bahkan sebelum menjadi Avengers.

Bucky adalah pahlawan yang berjuang bersama Steve Rogers di Perang Dunia Kedua. Tetapi ketika dia ditangkap dan dicuci otak, dia menjadi seorang pembunuh yang dikenal sebagai prajurit musim dingin. Butuh waktu lama baginya untuk menjadi bebas dan setelah itu, dia mengalami kesulitan berurusan dengan hal-hal yang harus dia lakukan saat dia tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement