Kamis 15 Sep 2022 00:49 WIB

Nabi Muhammad Jelaskan Panasnya Api Neraka

Panasnya api neraka dijelaskan Nabi Muhammad.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad Jelaskan Panasnya Api Neraka. Foto: Ilustrasi Neraka
Foto: Pixabay
Nabi Muhammad Jelaskan Panasnya Api Neraka. Foto: Ilustrasi Neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Api yang biasa kalian nyalakan merupakan sebagian dari tujuh puluh bagian panasnya neraka jahanam."

Para sahabat berkata, "Ya Rasulullah, demi Allah sungguh api dunia ini benar-benar cukup panas."

Baca Juga

Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Tetapi sungguh api neraka jahanam 69 kali lebih panas dibandingkan api dunia, yang masing-masing bagian sama panasnya dengan api di dunia." (HR Muslim dan Tirmidzi)

Dalam hadis lainnya, Rasulullah menjelaskan tentang orang di neraka yang paling ringan siksaannya. Telapak kaki orang tersebut menginjak sebuah bara api hingga otaknya mendidih. Hadis ini menggambarkan betapa panasnya api di neraka.

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah orang yang memiliki dua sandal dan dua tali sandal dari api neraka, di mana otaknya akan mendidih karena panasnya sandal tersebut sebagaimana kuali mendidih. Orang tersebut merasa bahwa tidak ada seorang pun yang siksanya lebih pedih daripadanya, padahal siksanya adalah yang paling ringan di antara mereka." (HR Muslim).

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Neraka dinyalakan selama seribu tahun hingga tampak merah. Lalu dinyalakan lagi selama seribu tahun sampai kelihatan putih. Kemudian dinyalakan selama seribu tahun sehingga terlihat hitam. Hingga sekarang neraka itu hitam dan gelap." (HR Tirmidzi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement