Rabu 14 Sep 2022 09:32 WIB

Dua Mahasiswa UIII Presentasi di Forum Bergengsi IFBBE Ke-6, Kuala Lumpur

IFBBE forum tahunan yang disponsori gabungan beberapa lembaga pendidikan terkemuka.

Issa Hamadoe dan Nihad Asraf bersama Prof Mansor Ibrahim (tengah), ketua Panitia IFBBE.
Foto: Dok UIII
Issa Hamadoe dan Nihad Asraf bersama Prof Mansor Ibrahim (tengah), ketua Panitia IFBBE.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Dua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) terpilih mempresentasikan paper di acara 6th Islamic Finance, Banking & Business Ethics Global Conference & the 14th International Conference on Islamic Economics & Finance yang berlangsung pekan kemarin di Kampus INCIEF, Kuala Lumpiur, Malaysia. Dari 41 presenter, kebanyakan adalah mahasiswa PhD dan pengajar di berbagai universitas.

“Kami satu-satunya mahasiswa tingkat master yang ikut diundang dalam event ini,” papar Issa Hamadoe, mahasiswa semester ke-2 FEB UIII dari Kamerun, dalam siaran pers yang disampaikan oleh FEB UIII, di Jakarta, Selasa  (13/9/2022).

Issa membawakan presentasi berjudul The Relationship between Banking Risk, Competition, and Performance of Indonesian Islamic Banks during 2010-2022. Sementara itu Nihad Asraf, mahasiswa semester ke-2 FEB UIII dari Pakistan membawakan paper berjudul The Impact of Distributed Zakat on Sustainable Economic Development in Indonesia: A Vector Error Correction Model (VECM) Approach.

 IFBBE adalah forum tahunan yang disponsori oleh gabungan beberapa lembaga pendidikan terkemuka, di antaranya INCEIF, International Association for Islamic Economics (IAIE), University of Valencia, Universitat Jaume I (France), Hamad bin Khalifah University, Suleman Dawood School of Business dan the Institute of Business Administration (IBA). “Alhamdulillah saya mendapat banyak pengalaman terutama saat sharing session dengan para ahli ekonomi Islam global. Sangat bermnafaat,” imbuh Issa,  peraih beasiswa master dari UIII ini, dalam rilis yang diterima Republika.co.id

FEB UIII sangat mendukung kegiatan yang melibatkan mahasiswanya berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan akademik maupun riset. Menurut M  Luthfi Hamidi PhD,  Kaprodi Program Magister Ilmu Ekonomi FEB UIII, sebelumnya FEB juga mengirimkan tiga mahasiswa terpilih untuk mengikuti kegiatan Durham Islamic Finance Summer School, di Durham, UK. Selain itu, Safiullah Junejo, mahasiswa FEB asal Pakistan, sebelumnya juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu pemenang dalam Call for Papers yang diselenggarakan oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia.  

Mulai September 2022, FEB UIII akan memulai perkuliahan untuk mahasiswa baru angkatan kedua magister ekonomi dan angkatan pertama untuk mahasiswa doktoral ekonomi. Menurut Dekan FEB UIII, Prof  Dian Masyita, sebanyak kurang lebih 30 mahasiswa magister ekonomi yang terpilih dan menerima beasiswa UIII dan 11 mahasiswa doktoral. “Sebanyak 25 persen  mahasiswa terpilih dari luar negeri, sementara  penerima doktoral 55 persen dari luar negeri,” papar Dian. Para mahasiswa terpilih akan mendapatkan fasilitas beasiswa, asuransi kesehatan, termasuk asrama. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement