Selasa 13 Sep 2022 19:10 WIB

Ini Data dan Fakta Jelang Liverpool Vs Ajax Amsterdam

Liverpool dijadwalkan bertemu Ajax Amsterdam pada matchday kedua Grup A.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Muhammad Akbar
Gelandang Liverpool Roberto Firmino (kanan) merayakan gol saat lanjutan Liga Primer Inggris antara Liverpool melawan Newcastle United di Anfield Stadium, Liverpool.
Foto: AP Photo/Jon Super
Gelandang Liverpool Roberto Firmino (kanan) merayakan gol saat lanjutan Liga Primer Inggris antara Liverpool melawan Newcastle United di Anfield Stadium, Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Tak ada lagi waktu bersantai untuk para pemain Liverpool. Setelah rehat beberapa hari, armada the Reds akan turun gunung di pentas Eropa.

Wakil Inggris itu dijadwalkan bertemu Ajax Amsterdam pada matchday kedua Grup A Liga Champions (UCL) musim 2022/23.

Skuat polesan Juergen Klopp bertindak sebagai tuan rumah. Partai ini berlangsung di Stadion Anfield, Rabu (14/9) dini hari WIB.

Jelas, Liverpool menginginkan hasil maksimal. Jordan Henderson dan rekan-rekan berupaya bangkit dari keterpurukan.

Sebelumnya pada partai perdana di UCL musim ini, the  Reds takluk 1-4 dari Napoli di Stadion Diego Armanda Maradona.

Berbeda dengan Ajax. Sebelumnya, Raksasa Belanda itu membantai Rangers FC, empat gol tanpa balas di Johan Cruyff Arena. Namun, bukan berarti De Joden terlena dengan kemenangan fantastis itu.

Anak asuh Alfred Schreuder juga ingin melanjutkan tren positif. Alhasil, laga ini diprediksi berlangsung dalam tempo tinggi.

Dikutip dari laman resmi Liverpool dan whoscored, berikut sederet data dan fakta jelang pertandingan tersebut.

Ini akan menjadi pertemuan kelima Liverpool dan Ajax Amsterdam di panggung Eropa.

Pada 1966 lalu, Ajax mengalahkan Liverpool 5-1 di Amsterdam. De Joden menjadi satu-satunya tim yang pernah mencetak lebih dari empat gol dalam pertandingan kontra the Reds di kompetisi benua biru.

Liverpool meraih enam kemenangan dari 10 pertandingan kandang terakhir, di pentas Eropa. Selama periode tersebut, the Reds merasakan kekalahan dan hasil imbang di dua kesempatan.

Semua kekalahan tersebut  terjadi saat Mohamed Salah dan rekan-rekan ditaklukkan wakil Italia, Atalanta serta Inter Milan.

Liverpool tidak pernah kalah dalam dua partai perdana Liga Champions di setiap musimnya. Menarik dinantikan apakah catatan tersebut bisa dipertahankan atau tidak.

Liverpool tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan melawan klub Belanda di Anfield. Selama periode tersebut, the Reds meraih enam kemenangan, dan dua laga berkesudahan imbang.

Jika diturunkan, Trent Alexander-Arnold akan tampil ke-50 kalinya bersama Liverpool di pentas Eropa. Ia siap menjadi pemain ke-26 dalam sejarah the Reds yang mencapai tahapan itu.

Ia juga berpotensi mengukir rekor tersebut di usia yang lebih muda dari para pendahulunya (23 tahun 341 hari).

Juergen Klopp telah mengoleksi empat kemenangan saat bertemu Ajax Amsterdam. Dua di antaranya ketika ia masih melatih Borussia Dortmund.

Ajax minimal mencetak dua gol dalam delapan kesempatan di sembilan pertandingan terakhir, Liga Champions.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement