Selasa 13 Sep 2022 17:13 WIB

Deretan Fitur iPhone 14 yang Sudah Ada di Android

Fitur iPhone 14 ini ternyata sudah dipakai Android selama bertahun-tahun.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max membuat lompatan terbesar yang pernah ada untuk iPhone dengan menampilkan Dynamic Island, kamera 48MP pertama di iPhone, layar Always-On, dan kemampuan keamanan yang inovatif. Deretan Fitur iPhone 14 yang Sudah Ada di Android
Foto: Business Wire
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max membuat lompatan terbesar yang pernah ada untuk iPhone dengan menampilkan Dynamic Island, kamera 48MP pertama di iPhone, layar Always-On, dan kemampuan keamanan yang inovatif. Deretan Fitur iPhone 14 yang Sudah Ada di Android

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Apple mengatakan banyak fitur baru yang terdapat pada produk terbarunya, seri iPhone 14. Namun, beberapa fitur tersebut ternyata telah ada di perangkat Android selama bertahun-tahun. Kira-kira apa saja ya fitur-fitur itu? Yuk simak daftarnya di bawah ini, seperti dikutip CNET, Selasa (13/9/2022).

1. Pixel binning

Baca Juga

iPhone 14 Pro akan menjadi iPhone pertama yang mendapatkan kamera 48 megapiksel. Jumlah piksel itu empat kali lebih besar daripada iPhone 14 standar dan iPhone 13 Pro tahun lalu. Tetapi dengan lebih banyak piksel yang dikemas pada sensor kamera smartphone kecil, sulit bagi setiap piksel untuk mendapatkan cahaya yang cukup untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Untuk mengatasi hal ini, ponsel seperti Samsung Galaxy S21, OnePlus 9 dan Xiaomi Mi 11 Ultra, akan mengelompokkan kumpulan piksel bersama-sama untuk menjadikannya sebagai satu piksel besar. Teknologi ini disebut pixel binning yang memungkinkan sensor memproses cahaya yang masuk sambil mempertahankan resolusi tinggi.

2. Stabilisasi video

Video goyang telah lama menjadi masalah dalam videografi smartphone. Berkat kemajuan dalam metode stabilisasi dan pasca-pemrosesan, ponsel seperti Google Pixel 5 tahun 2020 dan Samsung Galaxy S20 memiliki mode Active Stability dan Super Steady yang membantu orang mengambil video seperti GoPro yang mulus saat bergerak. Semua model iPhone 14 akan mendapatkan Mode Aksi baru yang seharusnya menghasilkan bidikan yang menarik saat merekam sambil berlari.

3. Always on display (AOD)

Beberapa versi teknologi always on display (AOD) telah ada di Android selama bertahun-tahun. Fitur ini menjadi standar pada lini Lumia Windows Phones yang sudah tidak berfungsi saat diperkenalkan pada tahun 2013.

LG memelopori fitur tersebut di jam tangan pintarnya bahkan sebelum Samsung. Fitur ini memungkinkan memuat informasi penting, seperti waktu atau acara kalender yang selalu terlihat tanpa harus mengetuk atau menyentuh perangkat.

Wakil presiden senior pemasaran Apple Greg "Joz" Joswiak mengatakan teknologi LTPO layar Super Retina XDR iPhone 14 Pro memungkinkan layar berjalan pada kecepatan refresh 1Hz yang lebih lambat dan menggunakan lebih sedikit daya. Namun, Apple bukanlah pertama yang menggunakan teknologi itu, melainkan Samsung Galaxy S22 Ultra pada awal tahun ini yang menampilkan teknologi tampilan yang sama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement