Selasa 13 Sep 2022 16:13 WIB

UMM Siap Jadi Pemimpin Perguruan Tinggi Raih 'World Class University'

Diharapkan UMM terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi berbasis internasional.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Foto: Humas UMM
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Akreditasi unggul kembali diraih oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Capaian ini menjadi salah satu bekal utama UMM untuk memimpin perguruan tinggi lain dalam mencapai predikat World Class University (WCU).

Kepala LLDIKTI Wilayah VII, Prof Dyah Sawitri, dalam penyerahan sertifikat akreditasi unggul UMM menilai, UMM mampu menjadi pemimpin perguruan tinggi untuk mencapai WCU. Namun perlu ada indikator yang jelas agar masyarakat bisa percaya. "Salah satunya yakni akreditasi unggul," katanya di Rayz Hotel UMM.

Di samping itu, juga perlu ada management information system higher education. Dengan demikian, ada hal yang bisa membuktikan bahwa kualitas perguruan tinggi terkait memang bagus.

Pada kesempatan itu, Dyah turut mengucapkan selamat dan sukses kepada Kampus Putih UMM. Dia juga berharap UMM bisa terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi berbasis internasional. Dalam hal ini termasuk harapan agar jabatan fungsional terus meningkat.

Ia juga mengapresiasi berbagai program yang sudah dilakukan UMM. Hal ini terutama program yang menyasar pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Apalagi dengan kehadiran Center of Excellence (CoE) dan Center for Future of Work (CFW) yang diinisiasi UMM.

Rektor UMM Fauzan bersyukur dengan akreditasi unggul yang sukses diraih. Menurutnya, akreditasi menjadi nafas dan nyawa perguruan tinggi. Sebab itu, bersyukur menjadi hal yang utama untuk menyikapi prestasi ini.

“Bersyukur itu ada adabnya, yakni dengan tidak menyertakan rasa kesombongan pada diri. Pun dengan upaya mengambil pelajaran dari apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT,” ungkap rektor asal Kediri itu.

Adapun akreditasi unggul ini merupakan puncak tertinggi akreditasi sebuah perguruan tinggi di tingkat nasional. Ada beberapa aspek yang dinilai, mulai dari sumber daya manusia yang ada, publikasi ilmiah.

Kemudian penjamin mutu internal dan sederet lainnya.  Menurut dia, hanya ada segelintir perguruan tinggi yang mampu meraih akreditasi tersebut.

Pada periode sebelumnya, UMM juga menyandang akreditasi A dan dikonversi menjadi jnggul pada tahun lalu. Tahun ini, Kampus Putih berhasil mempertahankannya berkat kinerja yang baik di berbagai aspek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement