Senin 12 Sep 2022 15:45 WIB

Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa Tenggara Dibuka di Kroasia

Kroasia membuka masjid ramah lingkungan dan pusat Islam pertama di Sisak

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Masjid ramah lingkungan di Sisak, Kroasia
Foto: the mayor
Masjid ramah lingkungan di Sisak, Kroasia

IHRAM.CO.ID, ZAGREB — Kroasia membuka masjid ramah lingkungan dan pusat Islam pertama untuk wilayah di kota Sisak. Peresmian masjid tersebut dihadiri juga oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan mitranya dari Kroasia Zoran Milanovic.

Ketika krisis iklim memburuk, ada minat yang meningkat untuk membangun tempat ibadah yang lebih ramah lingkungan. Masjid di Sisak dibangun agar hemat energi dengan pompa panas, panel surya di atap dan pembangkit fotovoltaik 30 KWh. Ini juga memiliki lampu LED hemat energi.

Baca Juga

Pusat Islam diharapkan dapat melayani setidaknya 4.000 orang di daerah tersebut. Ini mencakup area seluas 2.600 meter persegi dengan 600 meter persegi didedikasikan untuk sholat dan area sisanya terbuka untuk pengunjung.

Pusat Islam juga memiliki ruang kelas serbaguna yang dirancang untuk siswa agama, restoran dengan spesialisasi Islam, pusat konvensi dan ruang baca. 

Upacara pembukaan mengumpulkan 5.000 orang dari komunitas Islam di Sisak karena pembangunan masjid telah direncanakan selama lebih dari 50 tahun. Itu akhirnya selesai dengan dukungan Turki. 

"Bersama-sama kami menyelesaikan proyek berharga ini, yang merupakan tanda persahabatan dan persaudaraan kami, dan saya percaya bahwa pusat ini akan menjadi salah satu alamat utama untuk bertemu dan bersosialisasi di kota, di mana teman-teman kami yang berbeda agama juga akan menghabiskan waktu," kata presiden Turki dalam pidatonya.

“Bagian integral dari Sisak adalah komunitas Bosniak, yang, seperti semua Sisia lainnya, menderita kesulitan dan masalah. Namun, kesulitan tidak mengalahkan sesama warga saya, sebaliknya, itu membuat mereka lebih bertekad dan tak terkalahkan. Hari ini kita berdiri di hadapan simbol kemenangan mereka dan kami,” kata Wali Kota Sisak, Kristina Ikic Banicek dilansir dari Intellinews, Senin (12/9/2022).

Imam kepala Sisak, Alem Efendija Crnkic, mengatakan bahwa itu adalah suatu hak istimewa untuk tinggal di kota di mana warga bersukacita atas penyelesaian masjid dan di mana tidak ada satu insiden yang layak disebutkan telah dicatat dalam enam tahun.

Sisak terkena dampak parah oleh gempa bumi besar yang melanda pada Desember 2020, dengan kota Petrinje yang terkena dampak terburuk tetapi kerusakan meluas di bagian lain kabupaten termasuk kota Sisak. 

Selain masjid ramah lingkungan di Sisak, Kroasia juga memiliki masjid yang lebih kecil di kota Gunja dan pusat Islam yang lebih kecil di Umag.

Masjid ramah lingkungan pertama diyakini adalah Masjid Khalifa Al Tajer Dubai, yang dibuka pada tahun 2014. Masjid ini memiliki sistem untuk mengurangi pemborosan air, yang digunakan jamaah untuk berwudhu sebelum shalat lima waktu. Masjid ramah lingkungan pertama di Eropa adalah Masjid Cambridge di Inggris. 

Inisiatif lain adalah proyek Masjid Hijau di Maroko, di mana janji dibuat untuk menggabungkan desain ramah lingkungan seperti panel surya dan pencahayaan LED ke dalam masjid yang ada. Mereka termasuk masjid Jami'a al-Kutubiyya abad ke-12 yang bersejarah di Marrakesh, tempat panel surya dipasang pada tahun 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement