Senin 12 Sep 2022 08:33 WIB

Iphone 14 Dijual tak Termasuk Pengisi Daya

iPhone 14 tidak menyertakan pengisi daya di dalam kotaknya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Gita Amanda
iPhone 14 tidak menyertakan pengisi daya di dalam kotak. (ilustrasi).
Foto: BGR
iPhone 14 tidak menyertakan pengisi daya di dalam kotak. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- iPhone 14 telah terungkap, di samping varian Pro-nya. Menampilkan dua opsi layar, kamera yang ditingkatkan, dan teknologi panggilan satelit baru yang cerdas, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk membeli iPhone. Namun, satu hal yang tidak berubah adalah komitmen Apple pada port Lightning-nya.

Sementara raksasa teknologi perlu mengganti USB-C dari iPhone 15 dan seterusnya, iPhone 14 masih akan berfungsi dengan pengisi daya, stasiun dok dan aksesori yang ada. Itu hal yang baik, karena iPhone 14 tidak menyertakan pengisi daya di dalam kotak. Seperti lini produk iPhone 12 dan iPhone 13, iPhone 14 mengharuskan pengguna baru untuk membeli pengisi daya baru, atau meminta mereka untuk menyimpan yang sudah ada.

iPhone tanpa port yang mengandalkan pengisian daya nirkabel dan transfer data masih terasa seperti angan-angan, meskipun ada rumor sebaliknya. Tetapi mengapa Apple tidak menyertakan pengisi daya di dalam kotak? Bagaimana dengan model Pro? Dan pengisi daya mana yang harus Anda beli?

Apa yang termasuk dalam kotak iPhone 14?

Dilansir dari Techradar, Ahad (11/9/2022), pada iPhone 12, Apple telah berhenti memasukkan adaptor daya ke dalam kemasan iPhone di semua model-bahkan kisaran iPhone 14 Pro yang sangat mahal. Di dalam kotak, sesuai situs Apple sendiri, Anda akan mendapatkan iPhone, USB-C to Lightning cable.

Perlu dicatat bahwa iPhone lama menyertakan USB-A to Lightning cable, di samping power brick, jadi jika Anda memiliki pengisi daya iPhone yang berumur beberapa tahun, Anda mungkin perlu membeli adaptor baru yang memiliki port USB-C.

Jika Anda memiliki pengisi daya nirkabel maka itu akan berfungsi, tetapi perlu dicatat bahwa bahkan tidak ada pengisi daya MagSafe di dalam kotak. Teknologi pengisian daya nirkabel ini menggunakan magnet untuk mengunci dirinya di tempatnya dan memberikan pengalaman pengisian daya yang lebih konsisten.

Apakah iPhone 14 Pro memiliki pengisi daya di dalam kotak?

Sayangnya, bahkan iPhone 14 Pro tidak dilengkapi dengan pengisi data, jadi Anda harus membelinya terpisah. Ini adalah jenis hal yang akan sedikit lebih mudah ketika kita memiliki iPhone USB-C (berpotensi pada awal tahun depan) mengingat kabel USB-C ditemukan di banyak produk, tetapi untuk saat ini jelas merupakan ketidaknyamanan.

Mengapa Apple tidak menyertakan pengisi daya dengan iPhone?

Sementara orang yang sinis mungkin menyarankan bahwa keenganan Apple untuk memasukkan brick charging ke dalam kotak iPhone, garis resmi perusahaan adalah bahwa itu adalah upaya untuk mengurangi limbah elektronik.

Setelah pengumuman itu, Apple mengatakan melalui situs webnya “Meninggalkan adaptor itu adalah perubahan yang berani untuk Apple, dan yang diperlukan untuk planet kita.”

“Dengan menghilangkan (adaptor daya) dari kemasan iPhone 12, kami memperkirakan bahwa kami menghindari penambangan lebih dari 550 ribu ton bijih tembaga, timah, dan seng. Menggunakan kemasan yang lebih kecil dan lebih ringan memungkinkan kami memuat hingga 70 persen lebih banyak kotak iPhone per palet pengiriman, yang membantu mengurangi jejak karbon kami lebih jauh,” ungkap Apple dalam keterangannya.

Menghilangkan adaptor daya dari kemasan perangkat memungkinkan Apple menghindari lebih dari 2 juta ton emisi karbon, setara dengan menghilangkan 500.000 mobil dari jalan selama setahun.

Meskipun benar bahwa kemasan sekarang jauh lebih kecil untuk iPhone, bisa jadi Apple memimpin industri seperti ketika melepas jack headphone dari iPhone 7. Keputusan itu disambut dengan sedikit skeptis tetapi sebenarnya mengarah ke lebih banyak dan lebih banyak produsen melakukan hal yang sama.

Pengisi daya mana yang harus saya beli untuk iPhone 14?

Jika Anda tidak memiliki pengisi daya di sekitar rumah Anda, maka ada banyak pilihan. Pengisi daya resmi Apple adalah colokan 20W dengan port USB-C, tetapi akan dikenakan biaya 19 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 281.868 yang jauh lebih banyak daripada banyak opsi pihak ketiga.

Perusahaan juga menjual sepasang adaptor port USB-C ganda seharga 59 dolar AS atau sekitar Rp 875.276, yang memungkinkan Anda mengisi daya beberapa perangkat sekaligus, tetapi sekali lagi, itu mahal dibandingkan dengan opsi pihak ketiga. Pengisi daya USB-C ganda Anker dapat ditemukan dengan harga kurang dari 30 dolar AS atau sekitar Rp 445.056, misalnya, dan tersedia dalam varian 32W dan 30W.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement