Ahad 11 Sep 2022 21:47 WIB

Polisi: Korban Kekerasan Seksual Oknum Calon Pendeta di Alor Bertambah 

Total sementara korban kekerasan seksual oknum calon pendeta capai 12 orang

Ilustrasi kekerasan seksual. Total sementara korban kekerasan seksual oknum calon pendeta capai 12 orang
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi kekerasan seksual. Total sementara korban kekerasan seksual oknum calon pendeta capai 12 orang

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG— Jumlah korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh seorang calon pendeta Majelis Sinode GMIT di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, bertambah dari enam orang menjadi 12 orang

"Sampai dengan Sabtu (10/9) kemarin jumlah korban bertambah jadi 12 orang, setelah ada enam orang lagi yang memberikan keterangan kepada penyidik," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Alor, Iptu Yames Jems Mbau, saat dimintai keterangan dari Kupang pada Ahad (11/9/2022).

Baca Juga

Menurut dia, korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh seorang calon pendeta berinisial SAS usianya antara 13 sampai 19 tahun.

Polisi sudah menangkap SAS. Calon pendeta itu sudah ditetapkan sebagai tersangka perkara kekerasan seksual dan ditahan.

Kepolisian masih melanjutkan penyelidikan perkara kekerasan seksual calon pendeta tersebut, yang terbongkar setelah korban melapor ke polisi pada 1 September 2022.

Ketua Majelis Sinode GMIT Merry Kolimonsebelumnya mengatakan bahwa gereja telah mengenakan sanksi berupa penundaan pentabisan menjadi vikaris dalam jabatan pendeta kepada SAS.

Majelis Sinode GMIT juga telah mengirim tim psikolog serta pendamping untuk membantu korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh SAS.

Merrymengatakan bahwa Majelis Sinode GMIT menghormati hak korban dan orang tua korban untuk menempuh jalur hukum dan akan mengawal proses hukum dalam penanganan perkara kekerasan seksual tersebut.

Merry juga mengatakan bahwa gereja tidak akan menghalang-halangi proses hukum terhadap SAS. "Majelis Sinode GMIT berharap semua pihak agar turut melindungi para korban dari kekerasan berlapis," katanya.         

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement