Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

JIS Standar FIFA dan Layak untuk Timnas, PSSI Disorot di Lini Masa

Ahad 11 Sep 2022 16:13 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Foto udara Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (9/12/2021).

Foto udara Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (9/12/2021).

Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
JIS salah satu stadion yang mirip stadion di Eropa, baik secara desain dan fasilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjadi bahan gunjingan dan olok-olokan warganet, khususnya di lini masa Twitter setelah menyebut jika Jakarta International Stadium (JIS) tak layak menggelar pertandingan FIFA antara Timnas Indonesia vs Curacao pada 27 September 2022.

Bahkan warganet menuding jika organisasi yang dipimpim Irjen (Purn) Mochamad Iriawan tersebut diduga bermain politik lantaran menyebut jika JIS tak layak menggelar pertandingan timnas Indonesia. Hal itu dilihat dari sebuah foto kolase sebuah stadion jelek dianggap berstandar FIFA dan JIS malah tidak layak.

Dalam kolase foto tersebut juga berisi pemberitaan laman media terkait sikap pengurus PSSI yang menyebut Stadion JIS batal gelar laga timnas lantaran belum memenuhi kelayakan. "Ketika stadion JIS yang sudah berstandar FIFA dibilang belum penuhi kelayakan oleh PSSI," ucap tulisan dalam kolase foto yang viral di sosial media dikutip di Jakarta, Ahad (11/9/2022).

Dalam gambar tersebut juga ditulis jika akal sehat publik telah dilecehkan oleh PSSI. Bahkan, PSSI diduga telah berpolitik dengan keputusanya tersebut. Hal itu lantaran ada kesan PSSI sengaja menolak bermain di stadion yang dibangun Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan tersebut. "Makin yakin, jika asal bukan Anies itu nyata," demikian tulisan dalam meme tersebut.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS sudah membeberkan bukti bahwa stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut memenuhi kualitas standar FIFA. Jakpro mengeluarkan poin-poin yang mengungkap JIS sudah sesuai dengan kriteria stadion standar FIFA setelah PSSI membatalkan laga timnas Indonesia versus Curacao.

Dilihat berdasarkan kelengkapan fasilitas, infrastruktur, serta memenuhi rekomendasi, teknis dan persyaratan hingga penyediaan fasilitas hospitality. Jakpro menyatakan, JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris, yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion sepak bola modern, seperti Tottenham Hotspur Stadium di London serta perancangan beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

"JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa, baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan," ujar Pelaksana Tugas Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo kepada wartawan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA