Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Presiden Turki Berharap Ekspor Biji-bijian dari Rusia Segera Dimulai

Ahad 11 Sep 2022 01:06 WIB

Red: Nur Aini

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dirinya berharap ekspor gandum dari Rusia akan segera dimulai, di saat ekspor gandum Ukraina sedang berlangsung di bawah kesepakatan penting di Istanbul.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dirinya berharap ekspor gandum dari Rusia akan segera dimulai, di saat ekspor gandum Ukraina sedang berlangsung di bawah kesepakatan penting di Istanbul.

Gandum Ukraina mengalir ke negara-negara kaya

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dirinya berharap ekspor gandum dari Rusia akan segera dimulai, di saat ekspor gandum Ukraina sedang berlangsung di bawah kesepakatan penting di Istanbul.

"Kami ingin pengiriman biji-bijian dari Rusia juga dimulai, kami mengharapkan ini," kata Erdogan pada konferensi pers dengan Presiden Kroasia Zoran Milanovic di ibu kota Zagreb, negara terakhir dari tiga tujuan kunjungan kerjanya ke Balkan.

Baca Juga

Erdogan mengakui pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa gandum Ukraina mengalir ke negara-negara kaya itu "benar", bukan ke negara-negara miskin.

"Sementara sanksi terhadap Rusia terus berlanjut, di sisi lain, pengiriman biji-bijian ke negara-negara yang memberlakukan sanksi ini mengganggu Putin," ujar dia.

Erdogan menambahkan dia akan membahas masalah ini dengan Putin di sela-sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai di Uzbekistan pada bulan September.

Turki, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani perjanjian di Istanbul pada 22 Juli untuk melanjutkan ekspor gandum dari tiga pelabuhan Laut Hitam Ukraina, yang dihentikan sementara setelah perang Rusia-Ukraina dimulai pada Februari.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/turki/presiden-turki-berharap-ekspor-biji-bijian-dari-rusia-segera-dimulai/2680239
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA