Sabtu 10 Sep 2022 19:39 WIB

Wapres Dorong Kemajuan Atlet melalui Optimalisasi Sport Science

Wapres mendorong pembangunan industri olahraga.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wapres RI, Maruf Amin
Foto: Satwapres
Wapres RI, Maruf Amin

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong optimalisasi ilmu pengetahuan olahraga guna mendorong kemajuan para atlet nasional. Wapres Ma'ruf menyebut mencetak atlet berprestasi memerlukan proses pembinaan yang berkelanjutan

"Mencetak juara tentu bukan perkara instan, melainkan butuh pembinaan secara berkelanjutan yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Sports science mesti dipraktikkan secara serius, agar atlet-atlet kita makin terurus," kata Ma'ruf saat membuka Peringatan Hari Olahraga Nasional Ke-39 Tahun 2022 di Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga

Wapres mendorong pembangunan industri olahraga mampu memberikan partisipasi pada pertumbuhan ekonomi nasional yang membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak yang berkepentingan. Dia mengatakan, olahraga menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita ingin mencetak gaya hidup sehat dan atlet berprestasi. Namun lebih dari itu, kita juga ingin membangun industri olahraga yang dapat menyumbang pada pertumbuhan ekonomi. Visi ini membutuhkan bangunan sinergi pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas, termasuk para atlet dan pelatih," kata Ma'ruf.

Karena itu, Ma'ruf mengajak para pihak yang terkait untuk dapat saling bersinergi dalam membangun industri olahraga nasional yang semakin hari terus memberikan kualitas terbaiknya.

"Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional," kata Wapres.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga memberikan apresiasi kepada para atlet yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa dan juga kepada jajaran pelatih yang terus mendukung industri olahraga Indonesia.

"Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih, khususnya kepada para atlet dan pelatih, yang telah mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di panggung-panggung olahraga," kata Ketua Tim Koordinasi Pusat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) itu.

Menutup sambutannya, Wapres memberikan ucapan atas Peringatan Hari Olahraga Nasional Ke-39 Tahun 2022 dan mendoakan kemajuan industri olahraga nasional.

"Selamat Hari Olahraga Nasional ke-39. Maju dan berprestasi olahraga Indonesia!" pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan Peringatan HAORNAS Ke-39 Tahun 2022 untuk dapat dijadikan momentum meningkatkan semangat masyarakat untuk berolahraga.

"Peringatan HAORNAS ke-39 ini kita jadikan momentum untuk kembali menggelorakan slogan yang pernah ada tetapi sempat hilang yaitu, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Semoga masyarakat semakin giat dan rajin berolahraga serta menjadikan olahraga sebagai gaya hidup," jelas Zainudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement