Sabtu 10 Sep 2022 21:39 WIB

Real Madrid Klub Sepak Bola Paling Berharga di Dunia Versi Forbes

Juara Liga Champions 14 kali itu sedikit di atas rival abadinya Barcelona.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Logo Real Madrid.
Foto: 7-themes.com
Logo Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Majalah finansial Amerika Serikat (AS) Forbes merilis ranking 50 entitas olahraga paling berharga di dunia. Menurut Forbes, dilansir dari Football Espana, Sabtu (10/9/2022) Real Madrid merupakan klub sepak bola paling berharga di dunia.

Juara Liga Champions 14 kali itu sedikit di atas rival abadinya Barcelona dalam daftar klub sepak bola paling berharga di dunia.

Baca Juga

Dari 15 entitas olahraga itu, Real Madrid ada di urutan ke-13 namun yang tertinggi sebagai klub sepak bola senilai 5,1 miliar dolar AS. Sementara Barcelona senilai 5 miliar dolar AS. Di bawahnya ada klub raksasa sepak bola Inggris Manchester United senilai 4,6 miliar dolar AS.

Liverpool mengikuti di belakang Man United, yakni 4,45 dolar AS dan Bayern Muenchen 4,28 miliar AS melengkali lima besar klub sepak bola paling berharga di dunia. Adapun klub kaya raya asal Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) ada di posisi ketujuh yakni 3,2 miliar dolar AS. Klub La Liga Spanyol lainnya yang masuk ke dalam daftar yakni Atletico Madrid di urutan ke-13 senilai 1,5 miliar dolar AS.

Diario AS menunjukkan, sebagian besar daftar yang dirilis Forbes itu terdiri dari waralaba NFL dan NBA. Namun dengan masuknya sejumlah klub Eropa ke dalam riis Forbes itu menunjukkan bahwa sepak bola masih memiliki banyak ruang untuk dikembangkan di pasar Amerika Serikat.

Hal ini juga menjelaskan mengapa Barcelona dapat melakukan aktivitas transfer musim panas ini meski dalam kondisi kesulitan keuangan. Barca mengambil pinjaman selama satu tahun terakhir meski memiliki utang lebih dari 1,3 miliar euro.

Barcelona sangat aktif musim panas ini dengan mendatangkan sejumlah pemain top Eropa, seperti Robert Lewandowski, Andreas Christensen, Frenk Kessie, Raphinha, dan Jules Kounde. Hal tersebut membuat banyak klub lain heran lantaran Barca bisa agresif melakukan transfer pemain meski kondisi keuangan tak stabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement